Asian Games, Omzet Smesco Melonjak 110,8%

    Annisa ayu artanti - 27 Agustus 2018 07:15 WIB
    Asian Games, Omzet Smesco Melonjak 110,8%
    Hasil kerajinan UKM yang berpartisipasi di Asian Games. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
    Jakarta: Smesco Indonesia mencatat lonjakan omzet sebesar 110,8 persen selama Asian Games 2018 berlangsung.

    Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi menuturkan banyak delegasi dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang membeli produk-produk UKM yang dijajakan di Smesco Indonesia.

    Ajang Asian Games dinilai mampu mendongkrak omzet dan penjualan dari produk UKM di Smesco Indonesia. Selama lima hari, ia menyebutkan, pelaksanaan Asian Games omzet tercatat naik tajam hingga lebih dari 110,8 persen atau dua sampai kali lipat dari biasanya.

    "Pertumbuhan omzet month to month 110,8 persen. Itu dibandingkan dari 19-24 Juli. Untuk tanggal yang sama di Agustus 2018," kata Emilia seperti dikutip Antara, Senin, 27 Agustus 2018.

    Meski omzet melonjak, dia mengaku kepedulian Dinas Koperasi dan UKM dari berbagai daerah dianggap belum optimal. Hal itu terlihat dari kurang cepatnya respons mereka untuk mempercepat sirkulasi produk-produk UKM yang habis atau hampir habis sehingga promosi produk unggulan dari daerah-daerah yang paling banyak diminati oleh buyer menjadi terkendala.

    "Dinas koperasi kurang sadar, padahal ini (Smesco Indonesia) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya, tapi mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari daerah Sulawesi Utara," tutur dia.

    Mengingat sisa waktu Asian Games yang tinggal beberapa hari lagi, Emilia berharap peran dan komitmen pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM dapat lebih ditingkatkan. Sebab, produk UKM yang mereka titipkan di Smesco Indonesia ini menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha di daerah untuk mengembangkan produknya ke pasar ekspor.

    "Daerah kurang peduli untuk mendorong barang-barang yang udah habis untuk segera dikirim ke sini. Padahal Smesco ditunjuk sebagai wisata belanja bagi mereka para atlet dan official," pungkas dia.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id