Impor Bawang Putih Tak Hanya dari Tiongkok

    Eko Nordiansyah - 09 Februari 2020 14:11 WIB
    Impor Bawang Putih Tak Hanya dari Tiongkok
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: Pemerintah mengaku tak masalah dengan adanya virus korona yang menyebar di Tiongkok bakal menganggu impor bawang putih. Pasalnya masih ada negara lain yang bisa menjadi alternatif untuk mendatangkan bawang putih yang dibutuhkan pasar dalam negeri.

    "Bawang putih kan tidak hanya dari Tiongkok. Dari dulu ada alternatif dari India, Brazil ada," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Centre, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Februari 2020.

    Dirinya menambahkan kekhawatiran pasokan lebih besar dibandingkan soal masuknya virus korona dari Tiongkok. Apalagi Negara Tirai Bambu tersebut cukup terpukul dengan adanya virus korona yang membuat perekonomian mereka juga tertekan.

    "Selama ini enggak ada masalah. Yang dikhawatirkan kan begini, di sana lagi kena wabah ada enggak yang panen? Ada enggak produksinya? Nah itu yang dimasalahkan. Itu yang kemudian akan mengurangi jumlah yang kita butuhkan," jelas dia.

    Larangan produk Tiongkok masuk ke Indonesia telah diputuskan oleh Kementerian Perdagangan berdasarkan masukan dari Kementerian Kesehatan. Bagi Kementan, larangan yang telah dibuat pemerintah tidak banyak mempengaruhi stok di dalam negeri.

    Khusus bawang putih, pemerintah menyebut masih ada stok sekitar 133 ribu ton dari impor akhir tahun lalu. Sejauh ini belum ada keputusan untuk impor bawang putih. Namun Kementan tetap mendorong produksi bawang putih dalam negeri agar bisa memenuhi kebutuhan domestik.

    "Kementan berupaya lambat laun impor dikurangi, sehingga akhirnya kita produksi sendiri. Karena kebutuhan kita enggak banyak, setahun hanya 600 ribu ton. Itu kalau per hektar hasilkan 10 ton hanya sekitar 60 ribu hektar, 60 ribu hektare kecil lah kita cari itu," pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id