PT SMI Kucurkan Pembiayaan Infrastruktur Pendukung Ibu Kota Baru

    Eko Nordiansyah - 24 Januari 2020 20:07 WIB
    PT SMI Kucurkan Pembiayaan Infrastruktur Pendukung Ibu Kota Baru
    Desain ibu kota baru yang beredar. (Foto: dok. Kementerian PUPR)
    Jakarta: PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah memberikan pembiayaan infrastruktur untuk mendukung ibu kota baru. Saat ini, SMI telah memberikan pinjaman untuk pembangunan jalan raya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

    "Kebetulan ini adalah lokasi dekat dengan rencana ibu kota negara. Secara tidak langsung jalan Penajam ini membantu konektivitas jalan negara," kata Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad di Kantor DJKN, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Januari 2020.

    Dirinya menambahkan, pinjaman dari SMI kepada pemerintah daerah ini membantu meringankan beban APBN untuk menyediakan anggaran infrastruktur. Terlebih pembiayaan infrastruktur dasar seperti jalan menjadi tanggung jawab dari pemerintah.

    "Kalau ditanya realisasi atau rencana, ini adalah realisasi invetasinya Rp348,2 miliar. Sudah teralisasi 100 persen sejak April 2019," jelas dia.

    SMI telah menyalurkan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur kepada pemerintah daerah sejak akhir tahun 2015 hingga akhir tahun 2019, total komitmen pinjaman daerah yang dibuat SMI mencapai Rp4,6 triliun dengan 24 pemerintah daerah.

    "Dalam kurun waktu tersebut hingga akhir 2019, SMI telah mengeluarkan 73 Surat penawaran pinjaman (offering letter) kepada 54 pemda senilai kurang Iebih Rp12 triliun," ungkapnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id