Menko Darmin Kritik Survei Harga Beras BPS

    Eko Nordiansyah - 26 September 2018 13:01 WIB
    Menko Darmin Kritik Survei Harga Beras BPS
    Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala BPS Suhariyanto. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengkritik survei harga beras yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Menurutnya BPS hanya mengumpulkan data harga beras berdasarkan merek saja.

    "BPS itu mengumpulkan harga beras di 80 kota, cuma sampelnya itu berdasarkan merek karung berasnya," kata Darmin di Gedung BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Rabu, 26 September 2018.

    Dirinya menambahkan, merek beras tidak mencerminkan kualitas beras tersebut apakah termasuk medium atau premium. Padahal standarisasi untuk merek beras di Indonesia baru diatur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

    Selain itu, Darmin menyebut, merek yang sama juga belum tentu dijual dengan harga yang sama di sejumlah daerah. Seringkali justru harga untuk merek beras yang sama berbeda di satu daerah dengan daerah lain.

    "Itu berasnya medium atau premium enggak tahu kita. Lebih gawat lagi merek yang sama di kota lain harganya lain, enggak tahu apa di belakang itu," jelas dia.

    Untuk itu, Darmin meminta seharusnya survei harga beras dilakukan berdasarkan kualitas beras apakah premium atau medium. Tak hanya itu, kualitas beras sendiri harus menjadi pertimbangan dalam menentukan harganya.

    "Di Kemendag kami juga minta supaya merek beras harus disertai dua ciri, satu kualitas medium atau premium. Kedua tingkat pecahnya berapanya persen 15 atau 20 persen," pungkasnya.

     

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id