Barata Siapkan Investasi Rp500 Miliar Bangun Pabrik Roda Kereta

    Suci Sedya Utami - 21 Februari 2020 13:54 WIB
    Barata Siapkan Investasi Rp500 Miliar Bangun Pabrik Roda Kereta
    Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampoerno - - Foto: ANTARA/Sigid
    Jakarta: PT Barata Indonesia (Persero) menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp500 miliar untuk membangun pabrik roda kereta. Anggaran tersebut tidak jauh berbeda dengan capex tahun lalu dan tahun depan.

    Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampoerno mengatakan bakal membangun pabrik roda kereta api lantaran komponen tersebut selama ini dipasok dari luar negeri alias impor.

    "Kita akan tambah Rp500 miliar untuk persiapan membangun pabrik roda kereta," kata Fajar dalam ngobrol pagi di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Februari 2020.

    Pembangunan pabrik tersebut akan dimulai di Gresik, Jawa Timur tahun ini. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas manufaktur dalam negeri demi mengurangi ketergantungan impor yang membuat neraca perdagangan Indonesia kerap defisit.

    Selama ini Barata Indonesia dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi komponen kereta api seperti bogie. Bogie tidak hanya digunakan oleh industri di dalam negeri namun lebih banyak diekspor. Ia bilang komposisi antara ekspor dan memenuhi kebutuhan dalam negeri yakni 80:20 persen.

    "Untuk bogie untuk kereta api yang kita ekspor pengguna besarnya itu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Di dalam negeri digunakan oleh PT INKA," jelas Fajar.

    Lebih lanjut, Barata mengaku baru saja menyelesaikan proyek heavy machining center. Proyek tersebut juga merupakan upaya perseroan untuk meningkatkan performa proses machining yang dituntut lebih cepat dan presisi.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id