Indonesia Coffee and People Festival 2020 Jembatani Industri Kopi Hulu ke Hilir

    Intan Yunelia - 12 Februari 2020 19:16 WIB
    Indonesia Coffee and People Festival 2020 Jembatani Industri Kopi Hulu ke Hilir
    Indonesia Coffee and People Festival 2020 diselenggarakan pada 13 hingga 15 Februari (Foto:Medcom.id/Intan Yunelia)
    Jakarta: Menangkap fenomena minum kopi yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup, Indonesia Coffee People menyelenggarakan Indonesia Coffee and People Festival 2020. Uniknya, acara ini tak hanya ajang kumpul minum kopi.

    Indonesia Coffee and People Festival 2020 sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai pengetahuan seputar kopi, gagasan kreatif mengenai keberlangsungan industri kopi, dan komunitasnya yang terbalut dalam sektor ekonomi kreatif. 

    Salah satu acara yang dihadirkan pada Indonesia Coffee and People Festival 2020 ialah Indonesia Coffee Farmer Forum. Forum ini membahas tentang bagaimana mengoneksikan petani kopi hingga ke industri kopi.

    "Bagaimana skema dagang yang tepat dari hulu dan hilir di kopi dari petani sampai ke roaster,  ke coffeeshop. Skemanya seperti apa, ada di Coffee Farmer Forum. Kita bisa brainstroming bareng-bareng," kata Co-Founder and Event Director Indonesia Coffee and People Festival 2020 Radiv Annaba kepada Medcom.id, di Hallf Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Februari 2020.

    Tak kurang 50 tenant yang terdiri atas pengelola biji kopi, kedai kopi, dan komunitas kopi yang terlibat dalam Indonesia Coffee and People Festival 2020. Tak hanya menghadirkan beragam kopi dari ujung barat dan timur Indonesia, acara ini juga akan menyajikan Women in Coffee Forum. Isu yang tengah berkembang global dengan melibatkan kopi akan dibahas pada forum tersebut.

    "Kita ingin tahu nih perspektif dan peran perempuan dalam kopi, mengedukasi masyarakat terhadap kopi Indonesia yang penting di industri mana pun. Kita highlight dari industri kopi dahulu," ujar Radiv.

    Masih kata Radiv, peran pemerintah sangat penting dalam perkembangan industri kopi. Acara ini juga melibatkan pemangku kepentingan untuk kemudian bersama-sama merumuskan jalan kopi Indonesia agar bisa sukses tak hanya nasional, namun juga global.

    "Kita rencananya mengundang government (pemerintah) untuk nantinya. Resolusi nanti yang terjadi disini apa dan kita ajukan apa dan harapannya, manfaatnya yang enggak cuma di acara ini saja, tapi buat ke depannya tentang industri kopi ini," tuturnya.

    Diselenggarakan pada 13 hingga 15 Februari di Hallf Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia Coffee and People Festival 2020 menargetkan 700 hingga 1.000 pengunjung. Sejumlah acara menarik telah dipersiapkan yaitu forum kopi, pameran, hiburan, kompetisi, pemutaran film bertemakan kopi, dan sejumlah hadiah menarik.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id