Garuda Rampingkan Anak-Cucu Perusahaan Awal 2020

    Desi Angriani - 27 Desember 2019 20:18 WIB
    Garuda Rampingkan Anak-Cucu Perusahaan Awal 2020
    Ilustrasi Garuda Indonesia. Foto: dok MI/Amirudin.
    Tangerang: PT Garuda Indonesia Tbk berencana merampingkan anak dan cucu perusahaan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Januari 2020. Restrukturisasi tersebut harus menunggu persetujuan para direksi dan komisaris.

    "Restrukturisasi lagi dalam tahap review. Setelah RUPS, kita enggak tahu siapa. Itu sama direksi baru," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Garuda Indonesia Fuad Rizal di Garuda Management Building, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat, 27 Desember 2019.

    Meski demikian, Fuad enggan merinci jumlah anak usaha dari pelat merah tersebut. Ia mengaku diangkat sebagai pelaksana tugas hanya untuk menjaga operasional Garuda tetap berjalan sebelum penunjukan dirut baru.

    "Saya mandatnya cuma jaga operasional sampai RUPS. Setelah review selesai, mungkin akan dikasih tahu sebelum RUPS," tegasnya.

    Salah satu anak-cucu perseroan yakni Garuda Tauberes Indonesia yang bergerak di bidang layanan pengiriman barang. Perusahaan tersebut memiliki aplikasi bernama Tauberes yang menawarkan layanan kirim paket, kargo udara, dan belanja online.

    Konsumen bisa mengirim barang dalam waktu sehari ke seluruh daerah tanpa harus menunggu kapasitas barang minimal 10 kilogram.

    Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya akan menghapus anak cucu perusahaan plat merah yang tak jelas pembentukannya. Kebijakan itu akan dituangkan dalam peraturan menteri mengenai pembatasan membentuk anak usaha perusahaan BUMN.

    "Karena itu, kita juga akan keluarkan Permen (peraturan menteri) yang tidak lain pembentukan anak perusahaan atau cucu-cucu perusahaan harus ada alasannya," kata mantan Ketua INASGOC itu.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id