Antisipasi Pengusaha di Tengah Perlambatan Ekonomi - Medcom

    Antisipasi Pengusaha di Tengah Perlambatan Ekonomi

    Eko Nordiansyah - 16 Oktober 2019 19:51 WIB
    Antisipasi Pengusaha di Tengah Perlambatan Ekonomi
    Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani. MI/Foto Terbit.
    Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mewaspadai perlambatan ekonomi dunia usai Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas perkiraan pertumbuhan global untuk 2019 menjadi tiga persen. Penurunan proyeksi ini menjadi sinyal bagi pemerintah dan dunia usaha.

    Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan penurunan proyeksi ekonomi global bukan pertama kali. Namun penurunan ini memberikan peluang agar semua pihak bisa lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan.

    "Sebetulnya bagus juga buat kita karena dengan ini kita bisa antisipasi kebijakannya, kita bisa mengantisipasi apa yang perlu kita lakukan pada saat tahu perkembangan dunia akan menurun," kata dia ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Menurut dia, perlambatan ekonomi global dari sisi perdagangan dan investasi membuat permintaan dunia akan stagnan. Meski begitu, pemerintah maupun dunia usaha diminta menyiapkan rencana lain agar tidak terjebak dalam perlambatan ekonomi global.

    "Dengan begitu kita tahu kalau demand akan flat tentunya kita tidak akan ekspansi besar-besaran. Mungkin tetap akan tumbuh di beberapa bidang, tapi beberapa bidang lainnya mengalami perlambatan," jelas dia.

    Dirinya menambahkan, sektor manufaktur diprediksi tetap akan tumbuh meski tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, perekonomian diharapkan tidak jatuh terlalu dalam, agar kemudian bisa bangkit saat ekonomi mulai membaik.

    "Tapi kita tetap tumbuh sehingga di saat-saat seperti ini kita akan membuat kebijakan kita semakin efisien, semakin lebih baik, sehingga waktu ekonomi sudah membaik lagi ya marginnya dan pertumbuhannya menjadi lebih baik," pungkasnya.
     



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id