BI: Penjualan Eceran Tumbuh Melambat 1,1% - Medcom

    BI: Penjualan Eceran Tumbuh Melambat 1,1%

    Desi Angriani - 09 Oktober 2019 15:15 WIB
    BI: Penjualan Eceran Tumbuh Melambat 1,1%
    Ilustrasi gedung BI. Foto: dok MI.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada Agustus 2019 tumbuh melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2019 yang tumbuh 1,1 persen secara yoy, atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,4 persen yoy.

    Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis Bank Indonesia Rabu, 9 Oktober 2019, kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh tinggi.

    Selain itu, penjualan eceran juga disokong kelompok komoditas Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang tumbuh meningkat, seperti barang elektronik selain audio/video dan perabot rumah tangga.

    Penjualan eceran pada September mendatang pun diproyeksi tumbuh meningkat. Hal itu terindikasi dari IPR September 2019 yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,1 persen (yoy).

    Peningkatan tersebut terutama bersumber dari meningkatnya pertumbuhan penjualan kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya dan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta tetap tingginya pertumbuhan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

    Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam enam bulan mendatang (Februari 2020) diprakirakan akan menurun. Prediksi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) enam bulan yang akan datang sebesar 168,2, lebih rendah dibandingkan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 174,7.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id