Menkominfo Sebut Bukalapak hanya PHK 100 Karyawan

    Desi Angriani - 11 September 2019 19:18 WIB
    Menkominfo Sebut Bukalapak hanya PHK 100 Karyawan
    Illustrasi. Foto : Bukalapak.
    Jakarta: Perusahaan rintisan Bukalapak melakukan pemangkasan hubungan kerja (PHK) terhadap 100 karyawannya. Keputusan itu dinilai wajar dalam dinamika bisnis startup.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Bukalapak hanya memberhentikan 100 orang dari total 2.600 karyawannya. Jumlah itu kecil jika dibandingkan dengan perubahan bisnis startup yang begitu cepat.

    "Saya dikasih tahu ada 100 dari 2.600. Kecil itu dari dinamika bisnis startup yang perubahannya sangat cepat," kata Rudi ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

    Menurutnya pemberhentian karyawan tidak berkaitan dengan sinyal penutupan perusahaan. Namun, Bukalapak perlu melakukan perubahan konsep seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

    "Hanya ini istilahnya ada yang tidak sesuai dengan strateginya. Ada yang keluar pasti ada yang masuk. Lain dengan perusahaan yang dikatakan mau tutup rugi," tambah dia.

    Rudi memastikan Bukalapak tidak akan tutup. Pasalnya, pertumbuhan perusahaan rintisan itu masih positif atau mencapai tiga kali lipat dibandingkan pertengahan 2018.

    "Kalau saya sih bicara dengan pemiliknya enggak. Tokopedia saja sebulan sekarang GMV-nya saja USD1 miliar. Setahun USD12 miliar," bebernya.

    Chief of Strategy Officer of Bukalapak Teddy Oetomo sebelumnya mengatakan alasan PHK karyawan karena perusahaan ingin bertransformasi sebagai 'Sustainable E-commerce'. Sustainable E-commerce merupakan perusahaan e-dagang yang menghasilkan keuntungan.
     
    "Kami ingin menjadi e-commerce unicorn pertama yang meraih keuntungan, dan dengan pencapaian performa bisnis yang baik dan modal yang cukup," kata Teddy dalam keterangannya yang diterima Medcom.id.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id