comscore

Pengusaha Upayakan 100% Devisa Ekspor Masuk RI

Eko Nordiansyah - 16 Agustus 2018 08:39 WIB
Pengusaha Upayakan 100% Devisa Ekspor Masuk RI
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mengupayakan 100 persen devisa hasil ekspor masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga siap menukarkan devisa dalam mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi rupiah.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengakui selama ini baru 80 hingga 81 persen devisa ekspor yang kembali masuk ke Tanah Air. Dari total tersebut baru 15 persen yang dikonversikan ke mata uang rupiah sedangkan sisanya masih disimpan dalam bentuk dolar AS.
"Tentu diharapkan dari para pengusaha ini ikut membantu penguatan rupiah dengan menukarkan (devisa ekspor) mata uang dolar ke rupiah," kata dia di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, pengusaha butuh kepastian jika sewaktu-waktu membutuhkan dolar AS maka jumlahnya tersedia cukup. Selain itu, Bank Indonesia (BI) telah menjanjikan likuditas dalam rupiah maupun valuta asing tetap tercukupi dan bisa ditransaksikan dengan berbagai skema.

"Hal itu bisa dilakukan dengan opsi dari BI bahwa ketika pengusaha membutuhkan dolar atau rupiah itu diberikan suku bunga yang baik. BI sudah punya mekanisme dari swap, hedging, forward atau spot yang dilaksanakan dengan perbankan," jelas dia.

Menurut Rosan, pengusaha perlu kepastian agar biaya produksinya tidak terganggu ketika terjadi tekanan terhadap mata uang. Upaya bank sentral untuk memberikan fasilitas swap hingga 12 bulan dari biasanya hanya satu hingga tiga bulan dinilai merupakan suatu insentif.

"Intinya kita sebetulnya melihat bahwa dengan adanya fasilitas swap dari BI untuk jangka waktu lebih panjang, kita dapat kepastian cost kita terjaga. Buat pengusaha semua itu merupakan kepastian dan lebih terukur karena ketika kita buat planning lebih terukur," pungkasnya.

 

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id