comscore

Menkeu Upayakan Rasio Penerimaan Pajak Capai 13% di 2018

Desi Angriani - 06 Juni 2017 15:10 WIB
Menkeu Upayakan Rasio Penerimaan Pajak Capai 13% di 2018
Menkeu Sri Mulyani MTVN/SUci.
medcom.id, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengupayakan peningkatan rasio pajak (tax ratio) sebesar 13 persen pada 2018 sesuai permintaan dari sejumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Angka tersebut lebih tinggi dari target pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 yang sebesar 11-12 persen.

"Kalau dari tax ratio dalam arti luas, itu bisa tercapai," ujar Sri di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.
baca : Kemenkeu Bidik Tax Ratio 14,6% hingga 2019

Menurutnya, target tersebut bisa tercapai jika pemerintah memanfaatkan hasil kebijakan pengampunan pajak yaitu perluasan basis pajak dan peningkatan kepatuhan wajib pajak, dan ditopang dengan langkah reformasi perpajakan secara berkelanjutan.  Adanya komitmen pemerintah untuk bekerja sama di level internasional juga diharapkan menjadi modal pemerintah meningkatkan rasio pajak

"Makanya tadi saya katakan, data perekonomian perlu kita lengkapi, perlu memahami siapa saja pembayar pajak di Republik Indonesia, sektor-sektor ekonomi (mana saja) yang memiliki potensi baik, yang selama ini mungkin belum mengontribusikan pajak cukup banyak. Ya, kita lakukan semuanya dalam rangka reformasi perpajakan," tuturnya.

Mantan Deputi Gubernur Bank Dunia ini menambahkan, upaya lainnya dari pemerintah yakni dengan melakukan ekstensifikasi penerimaan cukai melalui pengenaan cukai terhadap barang-barang yang perlu dikendalikan konsumsinya karena menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat.

Dukungan Anggota Dewan pun sangat diharapkan untuk perluasan objek kena cukai terhadap komoditas yang berpotensi merusak lingkungan.

"Kami mengapresiasi F-PKB yang mendukung upaya pemerintah dalam rangka perluasan objek kena cukai terhadap komoditas yang berpotensi merusak lingkungan," pungkas dia.

 

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id