Menhub Ajak Swasta Tingkatkan Investasi dan Ekspor

    Eko Nordiansyah - 16 Oktober 2019 15:42 WIB
    Menhub Ajak Swasta Tingkatkan Investasi dan Ekspor
    Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Perhubungan Carmelita Hartoto. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pengusaha swasta untuk ikut meningkatkan investasi dan ekspor nasional. Apalagi upaya meningkatkan investasi dan ekspor juga menjadi fokus pemerintahan Joko Widodo.

    Hal ini disampaikannya saat membuka Indonesia Transport Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2019 dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Menurutnya kegiatan ini akan membantu tercapainya target investasi dan ekspor.

    "Saya pikir dengan kegiatan Kadin hari ini pasti beri dampak baik bagi kemajuan yang diinginkan Presiden untuk mendorong investasi dan mendukung kegiatan ekspor," kata dia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Dirinya menambahkan kondisi makroekonomi dunia yang dipenuhi ketidakpastian mengharuskan pemerintah mencari jalan lain. Salah satunya adalah bagaimana kolaborasi pemerintah dengan swasta demi mendorong perekonomian lewat investasi maupun ekspor.

    "Pemerintah jelas akan memberikan suatu kemudahan perizinan bahkan dalam konteks upaya beri kesempatan swasta melakukan kegiatan pada barang milik negara, Kemenhub sudah kerja sama lima sampai enam bahkan satu di antaranya kolaborasi dengan operator dunia," jelas dia.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Perhubungan Carmelita Hartoto menyebut kinerja industri logistik masih cukup baik. Meskipun perekonomian dunia dihadapkan pada ketidakpastian perang dagang.

    "Kinerjanya akan semakin berat mengingat kondisi global yang tidak pasti akibat perang dagang AS-Tiongkok yang sedikit banyak memengaruhi kinerja ekonomi domestik. Meski begitu kami harus tetap optimistis," ungkapnya.

    Menurut Carmelita, peluang industri logistik maupun transportasi nasional cukup terbuka. Hal ini didorong oleh kelanjutan pembangunan infrastruktur yang masih jadi prirotas lima tahun mendatang sehingga mampu mengerek sektor transportasi dan logistik nasional.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id