Sektor Pariwisata RI Terancam Virus Korona

    Eko Nordiansyah - 29 Januari 2020 18:59 WIB
    Sektor Pariwisata RI Terancam Virus Korona
    Ilustrasi. Foto : Medcom.id/Renatha.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dampak penyebaran virus korona dari Tiongkok bisa meluas ke sektor lain. Bagi Indonesia, penyebaran virus dari Negara Tirai Bambu tersebut bisa mengancam sektor pariwisata karena kunjungan wisatawan asing akan berkurang.

    "Sektor pariwisata tentu akan terpengaruh dan ini yang mungkin harus diwaspadai karena kan kita selalu mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang ktia andalkan," kata dia di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

    Meski begitu, virus korona akan berdampak langsung kepada perekonomian Tiongkok. Apalagi kasus ini terjadi di musim libur Tahun Baru Imlek yang seharusnya bisa menjadi momentum bagi Tiongkok untuk mendongkrak konsumsi domestiknya.

    Dirinya menambahkan, kasus seperti ini biasanya akan memengaruhi keseluruhan satu kuartal perekonomian Tiongkok. Hal yang sama pernah terjadi ketika ada wabah virus SARS di negara tersebut pada beberapa tahun lalu.

    "Jadi kuartal I tidak akan terlalu bagus dari sisi domestik demand mereka. Dan kemudian pengaruhnya terhadap keseluruhan tahun tergantung dari respons mereka di kuartal selanjutnya," ungkap dia.

    Sri Mulyani mengingatkan pemerintah akan tetap waspada dengan dampak yang bakal ditimbulkan dari penyebaran virus korona ini. Selain mencegah agar virus tersebut tidak masuk ke Indonesia, pemerintah juga bersiap mengantisipasi dampak lain yang mungkin ditimbulkan.

    "Untuk region Asia dalam hal ini saya rasa kita masih melihat dalam bentuk yang sporadis. Jadi ktia akan melihat saja, kewaspadaaan tentu melihat bagaimana pola waktu SARS terjadi, pengaruhnya penetrasi ke Indonesia seperti apa," pungkasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id