Jembatan Baturusa II Ditargetkan Selesai Mei 2016

    31 Desember 2015 13:32 WIB
    Jembatan Baturusa II Ditargetkan Selesai Mei 2016
    Jembatan. MI / Aries Munandar.
    medcom.id, Pangkalpinang: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi menargetkan pembangunan jembatan Baturusa II selesai pada Mei 2016 seiring dioptimalkannya penyelesaian jembatan yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka tersebut.

    "Kita menargetkan Mei jembatan Baturusa II yang telah menghabiskan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp450 miliar sudah diresmikan," kata Rustam Effendi, dikutip dari Antara, Kamis (31/12/2015).

    Untuk menyelesaikan jembatan Baturusa II, kata dia, pemerintah provinsi telah menganggarkan Rp30 miliar melalui APBD 2016.

    "Kita terus berusaha agar jembatan ini cepat difungsikan guna mempercepat pemerataan pembangunan dan perekonomian perekonomian masyarakat," ujarnya.

    Ia mengatakan penyelesaian pembangunan jembatan Baturusa II yang dimulai pada 2008 dengan panjang bentangan mencapai 740 meter (m) dari Ketapang Pangkalpinang hingga kawasan Airanyir Kabupaten Bangka, mengalami keterlambatan karena berbagai kendala, seperti anggaran yang terbatas dan aturan peralihan alur kapal.

    "Penyelesaian aturan alur kapal ini membutuhkan waktu empat bulan, sehingga ini memperlambat penyelesaian pembangunan jembatan yang membentang alur pelayaran kapal di Pelabuhan Pangkalbalam," ujarnya.

    Menurut dia apabila jembatan ini tidak selesai pada waktu yang ditetapkan, pihaknya akan mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

    "Bisa saja nanti kepala Dinas Pekerjaan Umum diganti, karena dinilai tidak mampu menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut," ujarnya.

    Dia pun mengatakan pihaknya terus mengawasi dan meninjau langsung penyelesaian pembangunan jembatan yang mengadopsi teknologi canggih dari Inggris dengan sistem "bascule" atau sistem naik turun secara otomatis dan manual.

    "Dalam sepekan terakhir saya sudah tiga kali memantau langsung pengerjaan jembatan ini, sehingga saya optimistis jembatan ini selesai tepat waktu," ujarnya.b

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id