Garuda Indonesia Ketahuan Selewengkan Dana CSR

    Annisa ayu artanti - 16 Desember 2019 19:07 WIB
    Garuda Indonesia Ketahuan Selewengkan Dana CSR
    Ilustrasi. Foto: Dok MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lagi-lagi menemukan bukti ketidakberesan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero). Kali ini maskapai tersebut ketahuan menyelewengkan dana sosial atau corporate social responsibility (CSR).

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan pihaknya menemukan bukti transfer uang sebesar Rp50 juta untuk asosiasi awak kabin Garuda Indonesia.

    "Ada bukti transfer Rp50 juta. Kita tanya juga corporate secretary Garuda. Dana CSR kan ditempatkan untuk luar," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

    Arya menjelaskan terdapat transfer dana ke asosiasi ikatan awak kabin Garuda Indonesia untuk keperluan pemilihan ketua asosiasi 2019 yang dilakukan dari rekening BRI ke rekening BNI.

    "Bank penerimanya BRI dikirimnya BNI. Disebut PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) Garuda Indonesia. Ini untuk pemilihan umum 2019 Ikagi besarnya Rp50 juta," jelas Arya.

    Karena adanya penyelewengan ini, kata Arya, Kementerian BUMN akan lebih jeli mengawasi penyaluran dana CSR perusahaan pelat merah.
    "Ini kan ada evaluasi. Kita kan lagi evaluasi PKBL dan dana CSR BUMN," ujar Arya.

    Tak tanggung-tanggung, Kementerian BUMN akan membuat sistem supaya dana CSR ini lebih transparan dan digunakan untuk kelompok dan orang yang tepat.

    "Ini kita akan membuat sistem, sistem transparan, sehingga kita tau dana PKBL dan CSR itu diberikan kepada orang tepat atau kelompok yang tepat dan digunakan untuk bina lingkungan," pungkas dia.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id