BI Biarkan Rupiah Terbang Bebas

    Husen Miftahudin - 13 Januari 2020 15:20 WIB
    BI Biarkan Rupiah Terbang Bebas
    Ilustrasi rupiah. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) memandang penguatan rupiah sejak awal tahun berkat kekuatan pasar. Oleh karenanya, bank sentral akan terus membiarkan mata uang Garuda itu menguat atau terbang bebas sepanjang sesuai dengan fundamentalnya.

    "Kita punya perhitungan. Tentunya sepanjang ini sesuai nilai fundamental kita tetap membiarkan rupiah ini menguat," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Mahkamah Agung (MA), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 13 Januari 2020.

    Menurut Dody, penguatan rupiah didukung oleh kondisi makroekonomi yang cukup positif. Ditambah peningkatan pertumbuhan angka Produk Domestik Bruto (PDB), stabilnya inflasi, dan survei konsumen yang menunjukan ke arah lebih bagus.

    "Ditambah lagi kondisi eksternal dan tentunya cadangan devisa yang menguat. Ini faktor yang membuat rupiah cukup confident. Kami pun cukup confidence terhadap perkembangan rupiah," urai Dody.

    Gerak nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini berada di jalur hijau. Rupiah terpantau terus menanjak dan IHSG stabil di zona hijau.

    Mengutip data Bloomberg, Senin, 13 Januari 2020, rupiah sempat dibuka melemah ke posisi Rp13.744 per USD dibandingkan perdagangan sebelumnya di level Rp13.771 per USD.

    Sementara itu rentang gerak rupiah berada di Rp13.702-Rp13.744 per USD. Namun tak beberapa lama kemudian rupiah bergerak menguat setara 66,5 poin atau setara 0,48 persen ke posisi Rp13.705 per USD. Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah berada di level Rp13.811 per USD.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id