Lagi, BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit

    Annisa ayu artanti - 29 November 2019 09:09 WIB
    Lagi, BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. FOTO: Bank Indonesia
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali menyindir dan meminta perbankan Tanah Air untuk segera menurunkan tingkat suku bunga kreditnya. Hal itu diucapkannya dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pelaku perbankan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019.

    Menurut Perry sudah saatnya perbankan menurunkan suku bunga kredit seiring dengan penurunan suku bunga acuan dan Giro Wajib Minimum (GWM) yang telah dilakukan Bank Indonesia selama ini. Sewajarnya kondisi tersebut memicu perbankan untuk mau menurunkan suku bunga kredit guna menggairahkan aktivitas perekonomian.

    "Dengan stance kebijakan BI akomdatif maka kami harapkan perbankan mempercepat penurunan suku bunga dalam penyalururan kredit," kata Perry, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019, di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis malam, 28 November 2019.

    Selain itu, Perry memastikan kecukupan likuditas perbankan kedepannya dan mengupayakan stabilitas nilai tukar sesuai mekanisme pasar. Bank Indonesia juga akan terus melakukan kebijakan moneter yang akomodatif pada 2020. Atas kebijakan tersebut, diharapkan perbankan segera menurunkan suku bunga kreditnya.

    "Kami akan mencermati perkembangan ekonomi domestik dan memanfaatkan masih terbukanya ruang kebijakan moneter yang akomodatif untuk menjaga stabiliats inflasi dan stabiliats eksternal dan juga momentum pertumbuhan ekonomi," jelas Perry.

    Berdasarkan data Bank Indonesia hingga September 2019 suku bunga kredit sudah mulai menurun terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja yang masing-masing tercatat 10,04 persen dan 10,26 persen.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id