Pemerintah Dorong Kenaikan Harga Karet

    Desi Angriani - 11 Januari 2019 14:50 WIB
    Pemerintah Dorong Kenaikan Harga Karet
    Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang. (FOTO:; Medcom.id/Desi Angriani)
    Jakarta: Pemerintah mendorong kenaikan harga karet yang akan digunakan sebagai bahan baku campuran aspal. Kenaikan harga seiring dengan peningkatan mutu bahan olah karet rakyat (bokar).

    Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang menyebut peningkatan kualitas karet produksi petani lokal akan membuat harga di tingkat petani berangsur-angsur naik.
    "Ada kenaikan sampai Rp5.000 per kilogram (kg), jadi petani sekarang bisa dapat Rp9.000-Rp10.000 per kg. Itu keuntungan yang wajar," ujarnya saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

    Menurutnya peningkatan mutu bahan olah karet rakyat telah dilakukan di beberapa daerah terutama wilayah sentra seperti Sumatera Selatan. Ke depan, perluasan wilayah akan terus dilakukan guna memenuhi volume produksi bahan bahan baku karet.

    "Kita fokus pada perluasan wilayah peningkatan mutu sehingga volume bokar yang memiliki kualitas baik semakin besar," tambah dia.

    Adapun volume karet yang mengalami peningkatan kualitas secara nasional baru mencapai 220 ribu ton. Sayangnya, jumlah tersebut belum diserap sepenuhnya oleh industri.

    "Itu yang kita bicarakan. Kualitas aspal dengan karet itu jauh lebih bagus dibanding sebelumnya. Tapi kesadaran pihak itu yang belum," pungkasnya.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan penambahan karet alam sebagai campuran aspal mampu meningkatkan kualitas perkerasan permukaan dan ketahanan alur badan jalan. Selain itu, penggunaannya juga membantu penyerapan karet rakyat.

    "Penggunaan aspal karet untuk pengaspalan jalan sudah dilakukan di beberapa lokasi, di antaranya Sumatera Selatan," kata Basuki, Rabu, 28 November 2018.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id