BI Khawatir Virus Korona Ganggu Inflasi

    Eko Nordiansyah - 13 Februari 2020 16:33 WIB
    BI Khawatir Virus Korona Ganggu Inflasi
    Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo - - FOTO: Medcom/ Husen Miftahudin
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) khawatir penyebaran virus korona bisa memengaruhi target inflasi tahun ini. Bank sentral memperkirakan inflasi sepanjang 2020 berada pada level tiga plus minus satu persen.

    Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan penetapan target inflasi telah mempertimbangkan berbagai risiko. Meski demikian, BI optimistis laju inflasi bisa dicapai sesuai dengan target yang ditetapkan.

    "Kita sudah perhitungkan risiko yang muncul menekan inflasi, baik itu isu global seperti virus korona, harga komoditas global naik, itu sudah dihitung," kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020.

    Dia menambahkan bank sentral tak hanya mewaspadai risiko yang berasal dari luar negeri. Namun risiko  domestik berupa penyesuaian harga yang diatur pemerintah (administered price) juga perlu dicermati.

    "Kami cukup confidence dengan inflasi itu masuk range sehingga stance kita terakhir di RDG posisi kebijakan moneter kita akan akomodatif. Tentunya di sini, stance kebijakan itu tidak hanya dilihat inflasi tapi juga konteks eksternal, nilai tukar rupiah," jelas dia.

    Pemerintah dan BI dalam tim pengendali inflasi baik di tingkat pusat maupun daerah berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dalam menjaga stabilitas harga sehingga inflasi tetap terjaga. Hal ini sebagaimana inflasi 2019 yang terjaga di 2,72 persen atau di bawah target 3,5 plus minus satu persen.

    "Ada satu faktor juga bahwa tetap kita melihat kondisi nilai tukar yang relatif stabil yang bisa kita jaga terus. Kemudian ekspektasi inflasi yang terus terjangkar di target tiga persen, diharapkan bantu inflasi jadi lebih stabil," pungkasnya.

     




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id