Pengamat: Kesadaran Masyarakat Berasuransi Masih Rendah

    Husen Miftahudin - 13 Januari 2020 21:31 WIB
    Pengamat: Kesadaran Masyarakat Berasuransi Masih Rendah
    Illustrasi asuransi. Foto : Medcom.
    Jakarta: Pengamat asuransi dan pengajar Sekolah Tinggi Asuransi Trisakti, Azuarini Diah Parwati mengakui kesadaran masyarakat dalam berasuransi masih rendah. Kondisi ini diperparah dengan skandal investasi yang menjerat sejumlah perusahaan asuransi.

    Kasus gagal bayar dan rekayasa laporan keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 misalnya. Dugaan korupsi pada kedua perusahaan asuransi tersebut membuat kepercayaan masyarakat untuk berasuransi semakin tergerus.

    Terlepas dari itu, asuransi penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu Azuarini menyarankan agar masyarakat harus memahami arti dari asuransi untuk kehidupan tersebut.

    "Inti dari asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan atau transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi," jelas Azuarini di Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Tak hanya itu, lanjutnya, masyarakat juga harus memahami kebutuhan berasuransi. Pasalnya, terdapat beragam jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan sebagai proteksi kehidupan kita.

    "Banyak asuransi yang beredar di masyarakat, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi bisnis, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, hingga asuransi rumah," ungkapnya.

    Asuransi kendaraan contohnya. Jenis asuransi ini memiliki beragam manfaat dan keuntungan, di antaranya hemat karena mengurangi ketidakpastian risiko. Kemudian juga mampu mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian.

    "Memberi ketenangan saat berkendara, baik Anda sendiri ataupun orang lain," urainya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id