Inovasi BPOM Memacu Peningkatan Ekspor

    Ilham wibowo - 16 Oktober 2019 16:20 WIB
    Inovasi BPOM Memacu Peningkatan Ekspor
    Kepala BPOM Penny K. Lukito. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo
    Pasuruan: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyiapkan langkah strategis untuk ikut memacu peningkatan ekspor produk buatan dalam negeri. Pelaku usaha bakal terus dipermudah untuk mendapatkan sertifikasi mutu produk.

    Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan lembaganya telah berbenah terutama dalam peningkatan mutu pelayanan publik dalam mendukung iklim investasi easy of doing business di Indonesia. Efisiensi penilaian di pre-market dan peningkatan efektivitas pengawasan post-market juga turut dilakukan.

    "Kami sebagai BPOM memastikan produk itu aman berkualitas yang beredar dan kami dukung pengembangan industri obat dan makanan," kata Penny saat melepas ekspor produk air minum kemasan PT Mayora Indah di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu, 16 Oktober 2019.

    BPOM juga menyasar upaya deregulasi, simplifikasi proses registrasi dan sertifikasi fasilitas. Pembinaan melalui pendampingan juga dilakukan agar pelaku usaha paham tantangan yang dihadapi ketika hendak ekspansi ke sebuah negara.

    "BPOM selalu buka dialog dengan otoritas pengawas obat dan makanan di mancanegara dalam menaikkan kredibilitas produk obat dan makanan," ujarnya.

    Khusus untuk mendorong dan memfasilitasi ekspor, BPOM punya aplikasi surat keterangan ekspor (SKE) secara online. Selain itu, BPOM juga bisa memberikan digital signature untuk SKE pangan dan fasilitas export consultation desk (ECD). Efisiensi waktu kemudian bisa diterapkan dalam sertifikasi yang menyatakan bahwa produk tersebut layak dikonsumsi atau produk tersebut telah diperjualbelikan secara bebas di Indonesia.

    "Kami berkomitmen mendampingi dan memfasilitasi pelaku usaha Indonesia untuk meningkatkan produktivitas termasuk peluang ekspor ke berbagai negara," tuturnya.

    Penny optimistis produk dalam negeri akan terus mengepakkan sayap dengan mempertahankan mutu produk. Pengakuan sertifikasi BPOM di berbagai negara bisa dimanfaatkan sebagai celah dalam peningkatan ekspor yang berikut pada pertumbuhan ekonomi nasional.

    "Kami dikenal di dunia internasional untuk produk obat dan makanan sehingga akan terpresentasi ke dalam produk yang dihasilkan di Indonesia, kami juga bangun kepercayaan terhadap produknya," ujarnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id