Pemerintah Revitalisasi BLK di Lampung Barat

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2019 20:00 WIB
    Pemerintah Revitalisasi BLK di Lampung Barat
    Kopi akan dikembangkan di Lampung Barat. Foto: dok MI.
    Jakarta: Pemerintah berencana merevitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) di Lampung Barat. Langkah ini dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah yang memiliki potensi pengembangan bisnis.

    "Kami lihat potensi wilayahnya, dan akan kembangkan kopi karena ada berbagai jenis kopi di sana," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Oktober 2019.

    Dirinya menambahkan pemerintah akan kembali menghidupkan BLK yang sebelumnya sudah ada. Selama ini pemerintah menilai BLK belum maksimal dalam mendukung bisnis yang sudah ada. Terlebih lagi potensi dan pasar produk kopi sudah terbentuk.

    "Ini perkebunan kopi yang paling banyak. Kita sudah sepakat untuk kembangkan perkopian di sana, tapi memang lebih banyak ke SMK," ungkapnya. 

    Selain revitalisasi BLK, pemerintah juga akan melakukan revitalisasi SMK sebagai upaya memperbaiki sistem vokasi. Dengan demikian, kesiapan daripada SDM yang dihasilkan dari SMK bisa disesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja.

    Tahun depan, pemerintah akan merevitalisasi 550 SMK dari target revitalisasi 5.000 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia sepanjang 2020-2024. Anggaran yang disiapkan untuk program tersebut diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id