Omnibus Law Dianjurkan Cepat Dibahas dan Libatkan Masyarakat

    Anggi Tondi Martaon - 21 Oktober 2019 14:29 WIB
    Omnibus Law Dianjurkan Cepat Dibahas dan Libatkan Masyarakat
    Anggota DPR RI Johnny G Plate (Foto:MI/Susanto)
    Jakarta: Anggota DPR RI Johnny G Plate memberikan beberapa saran terkait pembahasan omnibus law yang dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wacana tersebut terbagi dalam dua bentuk rancangan undang-undang (RUU), yaitu Cipta Lapangan Kerja dan Pemberdayaan UMKM. 

    Saran pertama, pembahasan harus dilakukan dengan cepat. Sebab, omnibus law merupakan upaya peningkatan perekonomian Indonesia.

    "Yang penting speed up (dipercepat). Harus lebih fokus dan kerja secara cepat karena hal itu penting sekali," kata Johnny G Plate, ditemui di lobi Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

    Politikus NasDem itu menyebutkan, mewujudkan omnibus law bukan pekerjaan mudah karena harus meleburkan beberapa undang-undang (UU). Dia berharap tidak ada hambatan dalam proses pembahasan di DPR nanti.

    "Kita harapkan harus dipercepat, bukan diperlambat. Cepat atau lambat tentu sangat bergantung pada substansi yang ada pada UU itu sendiri," katanya.

    Kemudian, saran kedua disampaikan oleh mantan Anggota Komisi XI DPR RI itu terkait pelibatan masyarakat. Dia mengusulkan pelibatan masyarakat harus dari masa awal pembahasan.

    "Jangan sampai partisipasi masyarakat di ujung (menjelang selesai pembahasan). Nanti ada pro kontra setelah di ujung. Untuk efesiensi dan kecepatan UU dari awal (pelibatan masyarakat) kita bicarakan itu," katanya.

    Untuk diketahui, dalam pidato perdana sebagai kepala negara periode 2019-2024, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa hal. Salah satunya, fokus pembangunan SDM dan infrastruktur.

    Dalam poin tersebut Jokowi mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar, yakni UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.

    Masing-masing UU tersebut akan menjadi omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU. Puluhan UU yang dianggap menghambat penciptaan lapangan kerja akan direvisi sekaligus.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id