10 Ribu CCTV Terpasang di Taksi Grab Indonesia

    Ilham wibowo - 03 September 2019 15:43 WIB
    10 Ribu CCTV Terpasang di Taksi Grab Indonesia
    Illustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: Sisi keamanan jadi fokus utama layanan Grab Indonesia yang diklaim telah memiliki sembilan juta mitra di Tanah Air. Inovasi standar prosedur layanan terus dikembangkan agar bisa terus menggaet hati masyarakat Indonesia.

    Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan saat ini kamera tersembunyi atau closed circuit television (CCTV) di kendaraan Grab Car telah terpasang dan tengah diupayakan bisa menyeluruh. Fitur keamanan ini untuk mempertegas komitmen Grab dalam memberikan perjalanan yang aman.

    "Kami sudah pasang kamera untuk mobil-mobil kami, sudah sekitar 10 ribu Grab Car ada kameranya," kata Neneng ditemui usai penandatanganan MoU di gedung KPAI, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2019.

    Pemasangan kamera tersembunyi ini juga dilakukan secara sukarela mitra Grab lantaran alasan keamanan secara dua arah baik dari driver maupun penumpang. Pasalnya, potensi kejahatan bisa terjadi saat pelakunya yang berpura-pura sebagai pelanggan.

    "Kami memastikan bahwa apa yang terjadi di mobil itu terekam semua, memantau di dalam mobil untuk dua arah penumpang dan driver nakal biasanya," paparnya.  

    Tak hanya itu, fitur keamanan lain juga telah diterapkan yakni verifikasi wajah seluruh driver mitra Grab Bike dengan wajib melakukan swafoto. Kedepannya, verifikasi wajah juga bakal diterapkan untuk penumpang Grab Bike terutama pelanggan pertama.

    "Kami sudah pakai selfie buat driver supaya driver yang jemput adalah driver yang sesuai, dan selfie-nya secara bergerak sehingga si driver A itu adalah bener driver A. Kami juga pelan-pelan apakah penumpang juga harus selfie dan kami akan berusaha untuk apa yang terbaik," ucapnya.

    Seluruh fitur Grab tersebut diklaim jadi standar keamanan yang tertinggi dibandingkan pesaingnya. Neneng optimistis Grab Indonesia mampu lebih bersaing dengan batas besaran tarif perjalanan yang telah ditetapkan pemerintah.

    "Mencocokan driver perempuan dan penumpang perempuan dan itu semua untuk keamanan, buat kami segala sesuatu tidak ada yang dipaksakan," kata Neneng. 




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id