BTN Digitalisasi Proses Pengelolaan SDM

    Ade Hapsari Lestarini - 30 September 2019 20:27 WIB
    BTN Digitalisasi Proses Pengelolaan SDM
    Ilustrasi. FOTO: dok BTN.
    Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan digitalisasi terhadap seluruh proses pengelolaan sumber daya manusia (SDM) atau human capital, seiring transformasi digital yang dilakukan perseroan.

    "Inisiatif ini kami lakukan agar tercipta human capital yang andal dan mampu membawa BTN beradaptasi serta meningkatkan produktivitas usaha di era industri 4.0," jelas Direktur Strategic Human Capital Yossi Istanto dalam keterangan resminya saat berbincang-bincang bersama media di Jakarta, Senin, 30 September 2019.

    Yossi mengatakan BTN telah banyak berbenah dalam mengelola pegawai atau SDM sebagai aset penting bagi perusahaan. Adapun inovasi yang dilakukan mulai dari proses perekrutan pegawai hingga pengembangan karier untuk menjadi pemimpin perseroan.

    Salah satu terobosan yang digagas adalah implementasi situs karir BTN yakni recruitment.btn.co.id untuk mendapatkan pegawai berkualitas. Kanal berbasis internet ini dibangun untuk mendukung percepatan proses rekrutmen.

    Melalui platform ini, lanjut dia, baik pelamar maupun Bank akan sangat terbantu dalam proses seleksi kandidat pegawai. Para pelamar dapat dengan mudah mengajukan lamaran secara online dan mengirimkan berkas kelengkapan mereka secara digital. Selain itu, pelamar dapat melakukan auto generate Curiculum Vitae (CV) dan memantau progres hasil setiap tahapan seleksi yang mereka ikuti.

    Bagi tim rekrutmen bank, aplikasi ini sangat membantu dalam percepatan proses rekrutmen karena data dapat ditarik sewaktu-waktu serta proses seleksi awal pelamar dapat dijalankan. Bahkan, melalui platform rekrutmen ini, Bank dapat menyebarkan informasi lowongan serta pengumuman hasil seleksi kepada setiap pelamar melalui sms blast.

    Yossi menambahkan, BTN juga telah mengembangkan dan memiliki aplikasi Talent Management System. Platform ini membantu perseroan untuk mengelola karier pegawai sesuai dengan kinerja dan kompetensi masing-masing pegawai. Melalui platform ini, perseroan dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan pegawai di seluruh unit kerja, meminimalisir terjadinya kekosongan jabatan, serta memastikan proses promosi dan mutasi pegawai lebih objektif.

    "Cara kerja platform didasarkan pada profile match up yang meliputi kesesuaian terhadap persyaratan jabatan, talent mapping, kesesuaian job family, kinerja, dan kompetensi pegawai," katanya.

    Yossi mengungkapkan proses digitalisasi juga dilakukan pada proses pengelolaan human capital. Melalui platform iBES (intelligence BTN employee service), proses update data pegawai, penggajian, claim dan reimbustment pengobatan, maintenance perjalanan dinas, pengajuan cuti, pengajuan lembur, dan lain-lain telah dilakukan secara digital sehingga lebih menghemat kertas dan proses lebih cepat.

    Aspek pendidikan pun juga tidak terlepas dari aksi inovasi. Menurut Yossi, saat ini, salah satu model pembelajaran e-learning adalah platform B-Gos (BTN Go Smart). Melalui platform ini, pegawai dapat belajar secara mandiri melalui materi-materi pembelajaran yang sudah tersedia secara lengkap. Pegawai juga dapat menguji tingkat kompetensinya dengan menjawab materi pertanyaan yang berbeda-beda setiap harinya.

    "Model e-learning lain yang dikembangkan adalah BTN smartshare, sebuah platform portal berbasis web yang mengakomodir proses diskusi, cerita, sharing knowledge pegawai. Platform ini memungkinkan pegawai untuk dapat melakukan sharing knowledge dan diskusi atau tukar menukar pemikiran sesama pegawai untuk meningkatkan kompetensi masing-masing," ungkap Yossi.

    Kurikulum learning, kata dia, akan dikembangkan melalui pendidikan leadership berjenjang yang dikolaborasikan dengan Integrated Talent Management System (ITMS) untuk mempersiapkan talenta-talenta terbaik BTN untuk menjadi pemimpin di BUMN. "Ini sangat penting dan kita akan melakukan itu," tegas Yossi.

    Berbagai inovasi yang sudah dilakukan korporasi terkait dengan pengembangan SDM selama 2018-2019, Direktorat Human Capital BTN telah memperoleh berbagai penghargaan dalam berbagai ajang antara lain Indonesia Best Companies in Creating Leaders from within 2018 dan HR Excellence Award 2019 untuk kategori HR transformation, recruitment strategy, dan compensation & benefit.

    "Ini adalah sebuah pekerjaan yang tidak mungkin kami lakukan sendiri. Ini adalah kerja bersama yang perlu dukungan semua pegawai. Kami konsisten mewujudkan proses pengelolaan human capital BTN secara lebih optimal agar dapat bersaing dalam era digitalisasi untuk menciptakan talenta-talenta terbaik bagi perseroan," pungkas Yossi.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id