Kementan Antisipasi Peredaran Daging Sapi Oplosan - Medcom

    Kementan Antisipasi Peredaran Daging Sapi Oplosan

    Whisnu Mardiansyah - 31 Mei 2019 19:50 WIB
    Kementan Antisipasi Peredaran Daging Sapi Oplosan
    Petugas Dinas Pertanian Salatiga melakukan sosialisasi penjualan daging sehat kepada pedagang di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). ANT/Aloysius Jarot.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) mengantisipasi peredaran daging sapi oplosan jelang Lebaran. Dinas Pertanian diminta terus mengawasi pasar tradisional. 

    "Ditjen PKH telah menyampaikan surat edaran nomor 02.022/TU.020/FS/05/2019 tanggal 2 Mei 2019 kepada dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di seluruh provinsi/kabupaten/kota untuk meningkatkan pengawasan keamanan dan peredaran pangan asal hewan," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Jumat, 31 Mei 2019.

    Baca: Mentan Minta Bulog Bantu Stabilkan Harga Cabai

    Ketut meminta produk hewan yang beredar telah terdaftar dan diakui otoritas berwenang setempat. Sehingga, praktik daging oplosan bisa diantisipasi.

    Pemalsuan produk hewan biasanya terjadi di sepanjang rantai produksi. Kementan meningkatkan pengawasan agar praktik culas tak lagi terulang. 

    Kementan juga aktif menyelidiki setiap temuan di lapangan. Mereka bekerja sama dengan laboratorium kesmavet pusat dan daerah untuk menguji setiap temuan yang dianggap mencurigakan.

    "Kami harap dengan adanya pasokan produk hewan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) dalam jumlah yang cukup dan harga terjangkau, maka masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan tenang," kata Ketut.

    Ditjen PKH melalui Petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) terus memantau data harga di 158 kabupaten/kota. Terutama untuk komoditas sapi hidup, ayam ras, dan telur ayam ras, di tingkat produsen.

    Baca: Harga Bawang Merah Naik, Kementan Gelar Operasi Pasar

    "Adapun harga tingkat konsumen diperoleh melalui koordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan," pungkasnya.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id