comscore

5.000 Sapi Indukan Sudah Masuk Indonesia

Husen Miftahudin - 21 November 2016 14:34 WIB
5.000 Sapi Indukan Sudah Masuk Indonesia
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
medcom.id, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku sekitar 5.000 ekor sapi indukan sudah mulai masuk Indonesia. Masuknya sapi indukan tersebut berasal dari Australia yang dilakukan oleh lima importir.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Dody Edward mengungkapkan, kelima importir yang memasukkan sapi indukan berasal dari 37 importir yang telah mendapatkan izin impor. Karena dalam aturannya, setiap importir yang memasukkan sapi bakalan harus melakukan impor untuk sapi indukan.
"Lima perusahaan sudah ada yang berkomitmen masukkan sapi indukan. Lebih dari 5.000 ekor sapi indukan yang sudah masuk," ujar Dody, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (21/11/2016).

Baca: Impor Sapi Indukan Solusi Percepat Swasembada Daging

Sementara itu, tambahan sapi bakalan yang diimpor untuk periode kuartal III-2016 sebanyak 123.800 ekor. Keseluruhan sapi tersebut juga berasal dari Australia. "Terakhir ada tambahan 123.800 ekor sapi (bakalan). Ini dari 37 (perusahaan) importir," ungkapnya.

Seperti diketahui, pemerintah mewajibkan para importir sapi bakalan untuk juga mengimpor sapi indukan. Untuk perusahaan, impor sapi indukan dan bakalan menggunakan rasio 1:5. Sementara bagi koperasi yang melakukan impor menggunakan rasio 1:10.

Baca: Pemerintah Keluarkan Izin Impor Sapi 123.800 Ekor

"(Importir perusahaan) kan dia komitmen yang 1:5 itu. Nanti dia kerja sama dengan peternak untuk menernakan sapinya. Kalau koperasi yang 1:10 itu dia belum (mendatangkan sapi indukan). Kan baru lima yang tadi itu," pungkas Dody.

 

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id