BPS: Harga Tiket Pesawat Bakal Kerek Inflasi di Akhir 2019

    Husen Miftahudin - 02 Desember 2019 15:28 WIB
    BPS: Harga Tiket Pesawat Bakal Kerek Inflasi di Akhir 2019
    Pesawat Garuda Indonesia. Foto : MI/Amiruddin Abdullah.
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi kenaikan harga tiket pesawat menjelang liburan Natal dan Tahun Baru bakal mengerek laju inflasi di akhir 2019. Maklum, masa peak season pada liburan Natal dan Tahun Baru membuat permintaan jasa transportasi meningkat tajam.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan ancaman inflasi di akhir tahun lebih banyak bersumber dari sub-kelompok transportasi. Utamanya tarif angkutan udara.

    "Yang mesti diwaspadai adalah tarif angkutan udara. Biasanya, tiket permintaan naik maka akan terjadi kenaikan di harga tiket juga," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di kantor pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 2 Desember 2019.

    Sementara, lanjutnya, harga komoditas yang rentan bergejolak seperti di kelompok pengeluaran bahan makanan diperkirakan bergerak stabil. Salah satunya komoditas beras yang volatilitas harganya diramal bergerak stabil.

    "Pergerakan harga dan inflasi dari sisi makanan stabil di bulan ke-12 (Desember)," beber Suhariyanto.

    Menurutnya, konsumsi masyarakat di akhir tahun layaknya momentum Ramadan dan Idulfitri. Pada bulan tersebut, konsumsi masyarakat bergerak tinggi sehingga rentan meningkatkan laju inflasi.

    Namun dalam beberapa tahun terakhir, sebut Suhariyanto, pergerakan kenaikan harga pada kelompok pengeluaran bahan makanan masih dalam kondisi yang wajar.

    "Harga beras saya tidak khawatir sebab beberapa bulan terakhir meskipun harga gabah level petani naik sekitar satu persen tapi level grosir dan eceran hanya naik sekitar 0,12 persen. Harga beras diperkirakan stabil di Desember 2019," tegasnya.

    Kondisi demikian membuat Suhariyanto meyakini inflasi Desember 2019 tidak bakal mengancam target pencapaian inflasi oleh pemerintah di tahun ini sebesar 3,5 persen. Hingga November 2019, dengan inflasi bulanan 0,14 persen (mtm) maka inflasi tahunan sebesar 3,0 persen (yoy).



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id