Tokopedia Pastikan Barang yang Dijual Terdata di Bea Cukai

    Annisa ayu artanti - 22 Juli 2019 19:17 WIB
    Tokopedia Pastikan Barang yang Dijual Terdata di Bea Cukai
    Tokopedia (MI/Adam Dwi).
    Jakarta: Platform belanja online Tokopedia memastikan barang-barang yang dijual bukan merupakan barang yang diimpor langsung melalui marketplace itu. Hal itu dikatakan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menanggapi rencana pemerintah yang akan menyinergikan data marketplace dengan sistem bea cukai.

    "Kalau tokopedia kan tidak ada impor langsung ya. Kalau Tokopedia 100 persen marketplace domestik," kata Wiliam ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

    William menjelaskan, model bisnis Tokopedia berbeda dengan platform belanja online lain yang menerapkan sistem lintas batas (cross border) atau lintas negara. 

    Jika ada barang impor yang dijual di Tokopedia pasti telah melalui bea cukai. Artinya, barang-barang yang dijual itu sudah terdata di bea cukai.

    "Jadi kami kalau ada barang impor yang dijual di Tokopedia juga barang impornya sudah melalui bea cukai. Beda dengan marketplace yang cross border," ucap dia.

    Sebelumnya, Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengaku ingin mengnyinergikan seluruh data transaksi perdagangan berbasis daring (e-commerce).

    Tujuan sinergi tersebut untuk mengendalikan barang impor masuk ke Indonesia via e-commerce. Pemerintah akan memberikan insentif bagi penyedia platform penjualan online yang bersedia menyinergikan datanya dengan milik mereka. 




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id