Lagi, Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

    Ade Hapsari Lestarini - 14 Desember 2019 14:16 WIB
    Lagi, Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia
    Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk daftar wanita berpengaruh di dunia versi Forbes. Foto: MI/Pius Erlangga.
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kembali menyandang status wanita paling berpengaruh di dunia. Forbes merilis dari 100 orang yang dinobatkan, Sri Mulyani menempati peringkat ke-76.

    Melansir Forbes, Sabtu, 14 Desember 2019, Sri Mulyani disejajarkan dengan wanita-wanita hebat dunia lainnya. Sebut saja Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, Ketua DPR AS Nancy Pelosi, hingga filantropi Melinda Gates, istri dari Bill Gates.

    "Pada 2019, wanita di seluruh dunia mengambil tindakan, mengklaim posisi kepemimpinan dalam pemerintahan, bisnis, filantropi, dan media. Para pelopor ini tidak bisa dianggap remeh," urai Forbes mengawali tulisannya mengenai daftar wanita paling berpengaruh di dunia ini, Sabtu, 14 Desember 2019.

    Tahun lalu, wanita berusia 57 tahun tersebut masuk dalam peringkat ke-78. Sementara tahun ini, Sri Mulyani naik dua peringkat menjadi ke-76.

    Ada beberapa catatan mengapa Sri Mulyani bisa kembali masuk dalam daftar ini. Pertama, wanita yang biasa disapa Ani ini kembali menjabat sebagai menteri keuangan setelah sebelumnya pernah menjadi direktur pelaksana dan COO Bank Dunia.

    Sri Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, serta membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi.

    "Sebagai menteri keuangan, ia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak," tulis Forbes.

    Tahun lalu, Ani juga menerima penghargaan Menteri Terbaik bergengsi di KTT Pemerintah Dunia atas upayanya untuk mengimplementasikan reformasi. Saat berada di Bank Dunia, ia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

    Sri Mulyani tercatat pernah mengenyam pendidikan Sarjana di Universitas Indonesia, Bachelor of Arts/Science, dan mengambil program doktor di University of Illinois, Urbana-Champaign.

    Berikut daftar 10 teratas wanita berpengaruh di dunia:

    1. Kanselir Jerman Angela Merkel.
    Politikus dan mantan ilmuwan peneliti Jerman menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 2005 dan Ketua Persatuan Demokrat Kristen sejak 2000. Merkel adalah perempuan pertama yang memegang kedua jabatan tersebut.

    2. Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde.
    Mantan pimpinan IMF ini adalah seorang pengacara dan politikus Prancis. Dia sudah bergelut di IMF sejak 5 Juli 2011, dan kini menjadi Presiden Bank Sentral Eropa.

    3. Ketua DPR AS Nancy Pelosi.
    Pelosi pernah menantang Presiden AS Donald Trump dan sering menyela interupsi-interaksinya dan menegaskan bahwa dia tidak akan mundur dari jabatannya.

    4. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.
    Komisi Eropa adalah badan eksekutif Uni Eropa. Bersama Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa, badan ini adalah salah satu dari tiga institusi utama yang menjalankan pemerintahan Uni Eropa.

    5. CEO General Motors Mary Barra.
    GM adalah perusahaan otomotif multinasional yang bermarkas di Renaissance Center di Detroit, Michigan, Amerika Serikat yang mendesain, membuat, memasarkan, dan mendistribusikan kendaraan dan suku cadang kendaraan, serta memberikan layanan jasa pembiayaan.

    6. Filantropi Melinda Gates.
    Istri dari Bill Gates ini merupakan filantropi terbesar di dunia.

    7. CEO Fidelity Investments Abigail Johnson.
    Fidelity Investments adalah sebuah perusahaan manajemen aset yang terletak di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Salah satu unit usahanya yakni menawarkan investasi cryptocurrency.

    8. Executive Chairman Santander Group Ana Patricia Botin.
    Lebih dikenal dengan nama Grupo Santander, merupakan sebuah bank utama yang melayani Spanyol, Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Selatan atau lebih dikenal dengan nama Banco Santander di Spanyol. Bank ini merupakan bank terbesar ketiga di Eropa.

    9. CEO IBM Ginni Rometty.
    IBM merupakan perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

    10. CEO Lockhead Martin Marillyn Hewson. Lockhead Martin adalah perusahaan produsen pesawat yang bermarkas di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id