BI Pastikan Penguatan Rupiah Tak Ganggu Daya Saing

    Desi Angriani - 22 Januari 2020 17:13 WIB
    BI Pastikan Penguatan Rupiah Tak Ganggu Daya Saing
    Rupiah. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memastikan penguatan nilai tukar rupiah secara cepat tidak akan mengganggu daya saing dalam negeri. Sebab tren penguatan tersebut masih mengikuti mekanisme pasar.  

    "BI melihat penguatan Rupiah masih sejalan dengan fundamental, sejalan mekanisme pasar, dan mencerminkan kredibilatas kebijakan dari pemerintah, BI, OJK, dan LPS," kata Perry dalam jumpa pers KSSK di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

    Menurutnya, penguatan mata uang Garuda disebabkan oleh derasnya aliran modal asing dan meningkatnya kepercayaan para investor. Hal ini imbas dari penurunan risiko di pasar keuangan global sejak kuartal IV-2019.

    "Jadi ini juga (penguatan rupiah) masih sejalan dengan mekanisme pasar," imbuh dia.

    Perry menambahkan penguatan kurs rupiah dapat mendorong peningkatan investasi dalam negeri karena banyak industri yang memiliki kandungan impor tinggi. Ini membuat ongkos impor menjadi lebih murah dan aktivitas industri manufaktur yang berbasis menjadi meningkat.

    "Jadi sekarang terlihat ekspor manufaktur juga meningkat," pungkasnya.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta regulator mencermati penguatan nilai tukar rupiah yang begitu cepat. Sebab, penguatan yang tidak disertai dengan kestabilan hanya akan menurunkan daya saing Indonesia.

    "Rupiah menguat dan kalau menguat terlalu cepat kita juga harus hati-hati. Ada yg senang dan ada yang tidak senang, eksportir tentu engga senang," kata Jokowi Kamis, 16 Januari 2020.

    Melansir Bloomberg pada Rabu 22 Januari 2019, nilai tukar Rupiah berada di level Rp13.683 per USD. Rupiah menguat tajam dari posisi awal Januari 2020 yang sebesar Rp13.893 per USD.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id