Industri Kulit Sumbang Pertumbuhan Paling Besar bagi Industri Manufaktur

    Dian Ihsan Siregar - 02 Mei 2018 17:00 WIB
    Industri Kulit Sumbang Pertumbuhan Paling Besar bagi Industri Manufaktur
    Kulit (ANT/Aditya Pradana Putra).
    Jakarta: Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang mengalami kenaikan 5,01 persen di kuartal I-2018. Posisi itu jauh lebih tinggi bila dibanding pertumbuhan 4,33 persen di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan itu banyak didatangkan dari tumbuhnya produksi industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki yang mencapai 18,87 persen.

    ‎"Sedangkan industri yang mengalami penurunan produksi terbesar adalah industri komputer, barang elektronik, dan optik, yakni turun hingga 13,36 persen," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Yunita Rusanti‎, ditemui di Gedung BPS, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

    Jika dibanding pertumbuhan industri manufaktur sedang dan besar di kuartal IV-2017, dia mengaku, mengalami peningkatan 0,88 persen bila dibanding kuartal I-2018. Industri yang mengalami peningkatan produksi tertinggi adalah industri percetakan dan reproduksi media rekaman yang naik 13,54 persen.

    "Sedangkan industri yang mengalami penurunan terbesar bila dibanding kuartal IV tahun lalu, yakni industri peralatan listrik yang turun ‎7,55 persen," ungkap Yunita.

    ‎Daerah yang banyak menyumbang peningkatan industri manufaktur besar dan sedang ada di daerah Sulawesi Tenggara yang naik 20,57 persen. Sedangkan provinsi Sumatera Barat yang mengalami penurunan pertumbuhan, yaitu turun 16,27 persen.

    Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang secara kuartalan yang paling besar, sambung dia, ‎yakni ada di Provinsi Aceh yang tumbuh 10,62 persen. "A‎dapun provinsi yang mengalami penurunan pertumbuhan secara kuartalan adalah Provinsi Riau. Provinsi tersebut turun 20,18 persen," sebut Yunita.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id