Satgas Audit Impor Tekstil Libatkan Asosiasi

    Ilham wibowo - 04 Oktober 2019 13:18 WIB
    Satgas Audit Impor Tekstil Libatkan Asosiasi
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. FOTO: dok MI.
    Batu: Kementerian Perdagangan telah membentuk satuan tugas internal untuk mengaudit temuan impor produk tekstil yang makin deras dari Tiongkok. Lembaga terkait juga akan turut terlibat yakni Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Direktorat Jenderal Bea Cukai, hingga pihak pengusaha melalui Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

    "Kita akan audit kapasitas industri dan berapa kebutuhanya," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ditemui usai menghadiri rapat koordinasi di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Audit potensi kebocoran impor produk tekstil tersebut bakal menyasar pada pengecekan Angka Pengenal Impor untuk Produsen atau API-P. Enggar mensinyalir ada pelaku industri yang tak jujur mengenai kapasitas industrinya. Sebab regulasi telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 64 Tahun 2017 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil.

    Namun demikian, ia akan merespons cepat keluhan industri dalam negeri dengan memerintahkan tim ahli agar memastikan bisa letak masalah impor tekstil tersebut. Pemeriksaan menyeluruh juga dilakukan untuk memastikan kebocoran Impor bukan berada di Pusat Logistik Berikat (PLB) yang saat ini dilakukan oleh lembaga survei.

    "Untuk tekstil audit tetap di pusat logistik berikat (PLB), tapi hanya kapan ini dari PLB keluar, siapa yang akan berikan izin keluar gitu, siapa yang meriksa. Sedangkan pilihan kedua adalah on behalf pemeriksaan oleh Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia," ujarnya.

    Keterlibatan DJBC juga menjadi penting untuk meminimalisasi letak kesalahan dari pemeriksaan impor tersebut. Tim DJBC dinilai punya pengalaman mengenai penggabungan Harmonized System (HS) yang kodenya semula 12 digit menjadi delapan digit.

    "Jadi bukan sistem PLB nya, tapi pemeriksaannya ini. Kuncinya kami akan periksa dan ubah sistem PLB ke DJBC. Kami akan keluarkan izin impor berdasarkan kapasitas industri yang akan dilakukan audit segera," tegasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id