Eselon III dan IV Dipangkas, Menkeu Pastikan Gaji tak Berubah

    Eko Nordiansyah - 29 November 2019 19:06 WIB
    Eselon III dan IV Dipangkas, Menkeu Pastikan Gaji tak Berubah
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan gaji para pegawai eselon III dan IV yang dipangkas dari jabatannya tidak akan berubah. Kemungkinan hanya fasilitas yang didapat saja berbeda, karena mereka dipindahkan ke unit kerja lainnya.

    "Gaji tidak berubah, tapi mungkin fasilitasnya (berbeda). Tapi itu Presiden kemarin menyampaikan di pidato tidak akan memengaruhi dari sisi penerimaan mereka," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 29 November 2019.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya menjamin perampingan jabatan struktural Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III dan IV di kementerian/lembaga tak mengganggu gaji atau pendapatan pegawai. Kebijakan itu hanya untuk menyederhanakan proses birokrasi di Indonesia.

    "Ini tidak akan mengganggu income atau gaji atau menurunkan pendapatan yang kena perampingan," kata Jokowi, dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di Hotel Rafless, Jakarta, Kamis malam, 28 November 2019.

    Jokowi mengungkapkan para eselon III dan IV tetap mendapatkan hak yang sama. Namun, peran dan fungsinya akan digantikan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

    "Saya sudah berbicara dengan jago IT kalau bisa diganti AI, sehingga muncul sebuah kecepatan, muncul budaya kerja dan kultur baru," ungkapnya.

    Kebijakan pemangkasan jabatan eselon itupun akan berjalan tahun depan. Jokowi meminta Kementerian PAN RB memulai perampingan dari jabatan eselon IV lalu berlanjut ke eselon III.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id