2020, BNI Optimalkan Layanan Digital Tanpa Bantuan Manusia

    Antara - 20 Desember 2019 09:45 WIB
    2020, BNI Optimalkan Layanan Digital Tanpa Bantuan Manusia
    Ilustrasi. MI/MOHAMAD IRFAN
    Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI menggenjot layanan digital tanpa bantuan manusia pada 2020 untuk memberikan efisiensi dalam transaksi termasuk mendorong peningkatan dana nasabah. Langkah itu juga dengan harapan bisa mengakselerasi laju bisnis.

    "(Pembukaan) kantor cabang dibatasi, kami optimalkan yang ada, kami sekarang cenderung memanfaatkan sarana digital," kata Deputi General Manajer Divisi Pengelolaan Jaringan BNI Giri Dwi Susanto, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

    Salah satu perangkat yang kini digenjot adalah BNI Sonic atau mesin otomatis untuk pembukaan rekening baru. Nasabah, lanjut dia, bisa membuka rekening tanpa perlu melalui bantuan petugas di bagian pelayanan konsumen. Calon nasabah hanya memerlukan KTP elektronik untuk memulai menggunakan mesin itu.

    Ketika selesai membuka rekening, lanjut dia, nasabah dapat langsung menggunakan kartu debit secara normal layaknya membuka tabungan di kantor bank dengan proses kurang dari lima menit. Hingga saat ini, kata dia, BNI Sonic sudah ada 125 unit perangkat yang tersebar di Jakarta.

    "Kami optimalkan yang sudah ada, kalau berfungsi maksimal kami akan perbanyak," ucapnya.

    Sejak dikenalkan pada April 2019, per Desember 2019 sudah ada 12.900 rekening yang dibuka dengan total dana nasabah yang dihimpun mencapai Rp32 miliar. Selain Sonic, bank BUMN itu juga memiliki mesin yang digunakan khusus untuk cetak transaksi tanpa perlu melalui petugas teller.

    Layanan penyetoran juga dilakukan di mesin otomatis (CRM) di sejumlah kantor cabang atau gerai yang tersebar di sejumlah kota. Hingga saat ini, bank pelat merah itu memiliki 1.913 kantor cabang dengan layanan 1.774 CRM dan 15.800 mesin ATM.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id