Keren, UMKM Diberikan Solusi Bertahan di Masa Pandemi

    Rendy Renuki H - 15 Juli 2021 22:58 WIB
    Keren, UMKM Diberikan Solusi Bertahan di Masa Pandemi
    Ilustrasi (Medcom.id/Rakhmat Riyandi)



    Jakarta: Pandemi Covid-19 membawa dampak sangat besar di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Namun di satu sisi, para pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan secara drastis yang efeknya hingga berujung gulung tikar.

    Harapan pun muncul dari sektor ekonomi digital yang bisa menjadi solusi UMKM untuk bertahan di masa pandemi. Apalagi ekonomi digital justru tumbuh signifikan, ditandai dengan banyaknya UKM yang terlibat.

     



    Para pelaku usaha pun mulai menyadari manfaat digitalisasi bisnis di masa pandemi Covid-19. Hal itu coba dimaksimalkan Kementerian Koperasi dan UKM berupaya memberikan program wadah promosi UMKM dengan menggandeng marketplace Shopee.

    Mereka menggelar program belanja online yang ditekankan pada subsektor kuliner, fesyen dan kriya, serta kesehatan dan Kecantikan. Tak hanya sebagai wadah promosi, program ini juga memberikan perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya.

    "Mendorong digitalisasi adalah salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional. Selama pandemi, ekonomi digital tumbuh positif 38 persen dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital," kata Menkop UKM Teten Masduki, lewat keterangannya, Kamis 15 Juli 2021.

    "Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis dan pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace, dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini," lanjutnya.

    Tiga sektor menjadi penekanan program ini dan mempunyai nama masing-masing. Seperti Festival Adiwarna (fesyen), Kolaborasa (kuliner), Kirana (kesehatan dan kecantikan). Program Live Shopping Produk UKM yang akan berlangsung Rabu 21 Juli 2021 merupakan live virtual event yang dapat disaksikan di YouTube Kemenkop dan Shopee Live.

    Namun sebelumnya, ada tahapan yang perlu diikuti pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini. Mulai tahap kurasi, bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal yang rangkaiannya digelar 5-21 Juli 2021.

    Sejumlah aktivitas pun sudah dirancang di program tersebut. Seperti acara talkshow bersama Kemenkop UKM, hingga program review dan jualan produk UMKM yang diarahkan langsung menuju landing page marketplace bersama influencer.

    "Shopee terus berkomitmen menyelenggarakan program ini bersama Kemenkop UKM, saat ini sudah memasuki tahun kedua. Tentunya dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM. Ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program seperti ini," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id