Tren Bakar Uang Gojek dan Grab akan Menyusut

    Annisa ayu artanti - 30 Januari 2020 16:50 WIB
    Tren Bakar Uang Gojek dan Grab akan Menyusut
    Co-founder dan Managing Patner Northstar Patrick Walujo - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu
    Jakarta: Tren strategi bakar uang atau diskon tarif yang kerap kali dilakukan oleh penyedia jasa transportasi online diprediksi  menyusut tahun ini. Investor awal Gojek, Northstar Group sepakat menyatakan bahwa perang tarif dengan melakukan diskon besar-besaran itu justru membuat bisnis tidak sehat.

    Co-founder dan Managing Patner Northstar Patrick Walujo mengatakan, kesadaraan perusahaan penyedia transportasi online saat ini sudah lebih baik. Persaingan usaha antar perusahaan juga dinilai lebih sehat.

    "Kalau perang subsidi itu sudah jauh lebih baik keadaannya. Ada kesadaran semua pihak untuk persaingan lebih sehat," kata Patrick di Grand Balroom Kempinski, Jakarta, Kamis, 30 Januari 2020.

    Patrick menjelaskan perang tarif dengan menerapkan diskon besar akan menimbulkan persepsi buruk bagi masyarakat. Mereka menganggap harga dan tarif yang diberlakukan perusahaan tidak menyejahterakan mitra.

    "Ini adalah perang yang tidak sehat. Saya yang duduk dengan dua perusaha lain dan pemerintah. Saat itu terjadi artificial demand dimana harga yang dipesan konsumer lebih besar dibandingkan yang seharusnya ditawarkan oleh sopir," ujarnya.

    Di sisi lain, Patrick menyebut tahun ini tren mengejar profit akan dilakukan oleh beberapa perusahaan rintisan atau start up, khususnya start up besar. Mereka akan melakukan startegi untuk mencapai profit dengan mengurangi potongan harga.

    "Yang besar-besar kayaknya sudah jauh lebih fokus ke profit," ucapnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id