Kementan Jamin Kualitas Ekspor Turunan Sawit

    Antara - 25 Agustus 2019 15:57 WIB
    Kementan Jamin Kualitas Ekspor Turunan Sawit
    Illustrasi. MI/GINO F HADI.
    Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan), sebagai fasilitator perdagangan produk pertanian, menjamin kesehatan dan keamanan produk pertanian yang dilalulintaskan ke negara mitra dagang.

    "Untuk urusan ekspor, sesuai instruksi Menteri Pertanian harus diberikan 'karpet merah'. Kami pastikan layanan cepat, tepat dan sesuai persyaratan teknis negara tujuan," kata Kepala Barantan Ali Jamil dikutip dari Antara, Minggu, 25 Agustus 2019.

    Hal itu disampaikan Ali saat meninjau industri cangkang sawit serta melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit masing-masing minyak sawit berupa RBD sebanyak 4 ribu ton, CPO sebanyak 7,8 ribu ton dengan tujuan China. Juga produk samping berupa cangkang sebanyak 11 ribu ton ke Jepang.

    Dia mengatakan perlakuan pemeriksaan karantina dilakukan sesuai dengan standar internasional dan persyaratan di setiap negara tujuan. "Penguatan sistem perkarantinaan tidak hanya untuk menjaga kelestarian sumber daya alam hayati, tapi sekaligus juga untuk mendorong kinerja ekspor pertanian," tambahnya.

    Penerapan sertifikasi online atau e-Cert telah dilakukan Barantan untuk menjamin keberterimaan produk pertanian di negara tujuan ekspor. Pertukaran data ini memungkinan pemeriksaan pemenuhan persyaratan teknis dilakukan sebelum produk sampai. Sehingga jika ada ketidak kesesuaian dapat segera diantisipasi perlakuan karantinanya. Layanan digital yang memberikan solusi berkelanjutan.

    "Saat ini baru ada empat negara, Australia, Selandia Baru, Belanda dan Vietnam. Ke depan akan terus kami jajagi kerja sama ini. Pak Mentan menginstruksikan kalau bisa ke depan semua negara," kata Jamil.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id