Tambahan Modal SMF Jadi Rp3,7 Triliun

    Desi Angriani - 04 Oktober 2019 19:45 WIB
    Tambahan Modal SMF Jadi Rp3,7 Triliun
    Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo. FOTO; Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Pemerintah sebesar Rp2,5 triliun pada 2020. Dari suntikan modal itu, SMF membidik penyaluran pembiayaan 102.500 rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

    Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan target penyaluran pembiayaan MBR tersebut naik 25 persen dari total kuota fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Pada 2019, pembiayaan dari SMF untuk FLPP baru sebesar 10 persen.

    "Dari PMN Rp2,5 triliun, sebesar Rp1,75 triliun untuk FLPP, Rp250 miliar untuk bangun rumah di lokasi terkena bencana, dan Rp500 miliar untuk pembiayaan rumah aparatur sipil negara dan Polri," ujarnya di Gedung DJKN, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Menurutnya Penyertaan Modal Negara untuk FLPP sebesar Rp1,75 triliun tersebut dapat menghasilkan modal tambahan menjadi Rp3,7 triliun. Modal tambahan itu dapat dengan mudah diperoleh dari penerbitan surat utang karena SMF jmerupakan lembaga dengan peringkat (rating) AAA.

    "PMN FLPP Rp1,75 triliun akan di-leverage (ungkit) menjadi Rp3,7 triliun," ungkap dia.

    Selain penyaluran pembiayaan bagi 102.500 rumah MBR, SMF juga menargetkan pembiayaan bagi 17.000 unit rumah pada program KPR SMF Pasca Bencana dan program KPR SMF bagi ASN/TNl/Polri.

    "Meningkatkan pembiayaan perumahan yang secara bertahap akan mendorong bergeraknya sektor riil, yang berarti membuka lapangan kerja dan menurunkan angka kemiskinan serta akan memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

    Adapun sejak 2005, SMF sudah menyalurkan pembiayaan untuk rumah MBR senilai Rp55 triliun. Sebanyak Rp10 triliun di antaranya melalui sekuritisasi aset dan sisanya melalui penyaluran pembiayaan sekunder.

    Dengan total modal disetor sebesar Rp6,8 triliun, SMF mampu mengalirkan dana kepada penyalur KPR secara kumulatif sampai dengan Juni 2019 mencapai Rp52,85 triliun.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id