Anggota BPK Terpilih Didominasi Politikus

    Eko Nordiansyah - 26 September 2019 10:31 WIB
    Anggota BPK Terpilih Didominasi Politikus
    Ilustrasi Gedung BPK. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Komisi XI DPR RI telah memilih lima orang anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk periode 2019-2024. Empat dari lima anggota yang bakal memimpin lembaga audit negara tersebut merupakan politikus dari sejumlah partai politik.

    Dilansir Medcom.id, Kamis, 26 September 2019, para anggota BPK yang berlatar belakang politikus yakni Pius Lustrilanang dari Gerindra, Harry Azhar Azis dari Golkar, Achsanul Qosasi dari Partai Demokrat, dan Daniel Tobing dari PDIP. Sementara satu anggota terpilih lainnya, yakni Hendra Susanto adalah inkumben BPK.

    Saat ini, Pius menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra. Mantan aktivis ini, kalah dalam pemilihan legislatif di daerah pemilihan NTT I tahun ini sehingga tidak akan menjadi anggota DPR periode mendatang.

    Sementara Harry Azhar merupakan inkumben yang pernah menjabat Ketua BPK pada 2014-2019. Harry yang merupakan politikus Golkar juga pernah menduduki Wakil Ketua Komisi XI DPR sebelum memimpin lembaga auditor negara tersebut.

    Achsanul juga anggota BPK yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota III BPK. Kendati telah menyatakan mundur dari partai politik, nyatanya Achsanul pernah mewakili fraksi Partai Demokrat sebagai anggota dewan. Bahkan dirinya menjadi Wakil Ketua Komisi XI DPR pada 2009-2012.

    Selanjutnya, Daniel Tobing merupakan anggota BPK yang sekarang masih menduduki posisi sebagai anggota DPR. Daniel yang kini duduk di Komisi VI maju lewat PDIP di daerah pemilihan Jawa Barat VII. Pada periode 2009-2014, Daniel juga menjadi Anggota DPR dengan duduk di Komisi IV.

    Hendra susanto menjadi satu-satunya orang dari internal BPK yang dipilih untuk memimpin BPK 2019-2024. Hendra merupakan Kepala Auditor I.B. Direktur Auditoriat BPK. Dalam fit and proper test, dirinya mengusulkan BPK mendapat anggaran 0,5 persen dari APBN atau setara Rp12 triliun.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id