DPR: Pengawasan OJK tak Sebanding dengan Pungutan

    Eko Nordiansyah - 04 Februari 2020 19:01 WIB
    DPR: Pengawasan OJK tak Sebanding dengan Pungutan
    OJK. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyoroti pengawasan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal selama tahun lalu total pungutan yang dilakukan OJK dari industri jasa keuangan terbilang mencapai triliunan.

    Anggota Komisi XI Fraksi PDIP Andreas Eddy Susetyo menyebutkan pengawasan OJK masih tergolong tidak sebanding dengan anggarannya. Apalagi akhir-akhir ini sejumlah perusahaan jasa keuangan mengalami kesulitan.

    "Untuk transparansi dan akuntabilitas memang ini tidak menggambarkan aktivitas OJK keseluruhan, padahal fungsi OJK ini ada dalam pengawasan. Ini menjadi catatan penting," kata Andreas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

    "Saya belum melihat fungsi penyelidikan OJK yang selama ini kita soroti fungsi penyidikan OJK. Undang-Undang (UU) sebenarnya OJK punya kewenangan melakukan penyidikan dan apa saja yang sebetulnya sudah masuk pada penyidikan," lanjut dia.

    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebutkan total pungutan OJK mencapai Rp5,99 triliun selama 2019. Realisasi pungutan tercatat sebesar 98,83 persen dari target penerimaan pungutan tahun lalu sebesar Rp6,06 miliar.

    Sementara itu, realisasi anggaran OJK di 2019 sebesar Rp5,47 triliun atau 98,94 persen dari pagu anggaran sebesar Rp5,52 triliun. Anggaran tersebut mengalami sisa hasil efisiensi dan optimalisasi sebesar Rp58,74 miliar yang digunakan untuk memenuhi pembayaran kewajiban pajak OJK.

    "Jadi untuk 2020 ini yang kami keluarkan betul-betul operasional rutin yang berkaitan dengan SDM, gaji pegawai dan pemeriksaan yang sudah mulai dilakukan. Nanti secara detail barangkali bisa diperdalam dalam panja, dan operasional lainnya," ungkapnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id