Kemendag 'Berburu' Maskot Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020

    Ade Hapsari Lestarini - 12 Februari 2020 18:23 WIB
    Kemendag 'Berburu' Maskot Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020
    Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward - - Foto: dok Kementerian Perdagangan
    Jakarta: Pengelola Pavilliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubai mengundang akademisi kampus dan desainer profesional untuk mengikuti lomba logo dan maskot Pavilliun Indonesia. Lomba logo dan maskot tersebut menandai keikutsertaan Indonesia pada pentas terbesar dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 20 Oktober 2020 hingga 20 April 2021.

    "Indonesia akan kembali menghadirkan Pavilliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Untuk itu, kami mengundang kalangan desainer profesional dan kampus untuk mengikuti lomba logo dan maskot yang akan menjadi identitas bangsa di ajang dunia tersebut," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu, 12 Februari 2020.

    Dody menyampaikan hal tersebut dalam sosialisasi kompetisi logo dan maskot Pavilliun Indonesia yang diadakan di Auditorium 1 dan 2 Kementerian Perdagangan. Nantinya, lanjut dia, logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai.

    Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka.

    "Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan," tambah Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga Zeb Fuad Noor, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

    Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis "Opportunity District". Proses konstruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah groundbreaking dilakukan pada 9 September 2019 lalu.

    Saat ini, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran. Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection).

    Di sisi lain, para sponsor Pavillun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, Lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten.

    "Partisipasi Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sudah sesuai arahan presiden yang meminta Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk berperan aktif," tambah Dody.

    Selain dari unsur pemerintah, dari sektor bisnis beberapa perusahaan telah berkomitmen menjadi sponsor. Sampai saat ini sponsor yang telah bergabung adalah PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk, dan CRP Group.

    World Expo adalah ajang perhelatan internasional yang setara dengan Olimpiade musim panas dan FIFA Football World Cup dan Diselenggarakan setiap lima tahun sekali sejak 1920. Indonesia sudah sering mengikuti event ini sejak 1964 di New York. Expo ini menargetkan bisa meraih 25 juta kunjungan selama enam bulan penyelenggaraan pentas dunia ini.

    Paviliun Indonesia bertema "Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity", diharapkan logo dan maskot mampu merefleksikan tema dan konsep tersebut. Karakter maskot diharapkan yang mempunyai karakter unik dan khas Indonesia yakni bersifat riang, akrab, dan bisa melakukan berbagai ‘action’ yang lucu dan menarik dalam format 2D dan 3D.

    Sedangkan logo Pavilliun Indonesia diharapkan mampu menggambarkan abstraksi visual dari sajian tampilan Indonesia pada Expo 2020 Dubai.
    Saat ini, peserta lomba logo dan maskot telah ditunjuk oleh panitia, yakni terdiri dari 24 kampus di Indonesia dan 17 desainer profesional dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

    Peserta lomba dari individu maupun perwakilan kampus yang telah ditunjuk, dapat mengirim karya hingga batas akhir penerimaan karya 19 Februari 2020. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada 28 Februari 2020.

    Setiap peserta individu atau tim hanya dibolehkan mengirim 1 karya logo dan atau 1 karya maskot. Semua materi persyaratan mengikuti lomba ini dapat diunduh melalui tautan bit.ly/materiExpo.

    Karya logo dapat dikirimkan melalui tautan https://bit.ly/logo2020expo sedang karya maskot dikirimkan melalui tautan https://bit.ly/2020maskotexpo. Penilaian pemenang lomba akan ditentukan dari kesesuaian antara logo dan maskot dengan tema Pavilliun Indonesia dan tema Expo 2020 Dubai, orisinalitas ide, dan estetika karya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id