Ada Ibu Kota Baru, Investasi Riil Kaltim Bisa Naik 47,7%

    Desi Angriani - 18 September 2019 19:25 WIB
    Ada Ibu Kota Baru, Investasi Riil Kaltim Bisa Naik 47,7%
    Ilustrasi. Foto : MI.
    Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro memproyeksikan geliat investasi riil di ibu kota baru meningkat 47,7 persen. Dampak investasi ini terjadi ketika proses pembangunan pusat pemerintahan baru dimulai

    "Ini simulasi kami, kalau kita bangun ibu kota baru investasi riil di Kaltim pasti mningkat dengan proyeksi 47,7 persen," katanya dalam Rakor Nasional Bidang Properti di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu, 18 September 2019.

    Sementara itu pertumbuhan investasi riil di Kalimantan Timur akan memberikan andil sebesar 4,7 persen terhadap pertumbuhan investasi riil nasional dan 34,5 persen untuk Pulau Kalimantan.

    Menurutnya, peningkatan investasi di wilayah Kalimantan Timur disebabkan oleh meluasnya sektor investasi di bidang konstruksi, kesehatan, dan restoran. Selama ini, invetasi di calon ibu kota baru berpaku pada sumber daya alam (SDA) seperti minyak kepala sawit dan batu bara.

    "Saya ingin kaitkan bahwa Kalimantan sangat bergantung dengan SDA, kini harga sawit dan batu bara turun, ekonomi turun, makanya kita mendorong hilirisasi industri tambang serta mendorong investasi dalam bentuk lain," ungkap dia.

    Dengan beragamnya sektor investasi ini, Bambang memperkirakan ekonomi Kalimantan Timur akan tumbuh 7,3 persen. Angka itu juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan dan Indonesia masing-masing sebesar 4,7 persen dan 0,6 persen.

    Di sisi lain, kesempatan kerja akibat pembangunan ibu kota baru juga akan meningkat 10,5 persen di wilayah Kalimantan dan tumbuh 1,0 persen secara nasional.

    "Yang paling penting ksempatan kerja, sala satu jadi orang yang berkontribsi ciptakan lapangan kerja, Kalimantan tumbuh 10,5 persen kesempatan kerja secara nasional tumbuh 1,0 persen," pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id