BI Catat Kesepakatan Bisnis FESyar Surabaya Capai Rp19 Triliun

    Eko Nordiansyah - 08 November 2019 10:48 WIB
    BI Catat Kesepakatan Bisnis FESyar Surabaya Capai Rp19 Triliun
    Kepala Perwakilan BI Jatim Difi A Johansyah. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Surabaya: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur menyebut kesepakatan bisnis (business matching) yang terjadi dalam Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di Surabaya telah mencapai Rp19 triliun. Padahal pelaksanaan FESyar 2019 masih akan berlangsung sampai besok.

    Kepala Perwakilan BI Jatim Difi A Johansyah meyakini jumlah business matching masih akan bertambah. Selain adanya kesepakatan bisnis tersebut, transaksi yang dilakukan dalam FESyar sampai dengan hari ini juga cukup besar.

    "Sampai pagi ini pengunjung sudah mencapai 15 ribu orang, transaksi booth Rp50,43 miliar. Untuk business matching jumlahnya mencapai Rp18,99 triliun," kata dia di FESyar 2019 di Grand City Convex Hall, Surabaya, Jumat, 8 November 2019.

    Dirinya membeberkan mayoritas kesepakatan bisnis yang terjadi di FESyar merupakan pembiayaan dari perbankan syariah. Jumlah pembiayaannya mencapai Rp12,6 triliun. Kemudian ada penggalangan dana sebesar Rp4,4 triliun dan pembelian sukuk sebesar Rp2 triliun.

    "Tentunya angka ini masih terus berkembang. Ini hari Jumat, biasanya sore akan lebih ramai pengunjung, apalagi besok (Sabtu)," ungkapnya.

    Menurut dia, FESyar tahun ini memang lebih banyak mengandalkan business matching dan business coaching bagi para pelaku usaha. Di samping itu, dilakukan kurasi dengan para kurator berpengalaman dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    "Memang tema sekarang business matching, persiapan kita lebih matang karena persiapannya sudah sejak tiga bulan sebelumnya. Sehingga lebih intens dengan para pelaku usahanya. Kami juga apresiasi dari kerja sama dengan Asbisindo," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id