Irfan Diminta Perluas Sumber Pendapatan Garuda

    Suci Sedya Utami - 22 Januari 2020 19:56 WIB
    Irfan Diminta Perluas Sumber Pendapatan Garuda
    Garuda Indonesia. Foto : AFP.
    Tangerang: Ifran Setiaputra telah dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Irfan pun diminta agar memperluas bisnis dan sumber pendapatan perusahaan pelat merah itu.

    Permintaan tersebut disampaikan oleh mantan Komisaris Utam Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol. Sahala mengatakan agar perseroan bisa mencari sumber pendapatan yang tidak hanya berasal dari bisnis tiket, namun non tiket. Selama ini bisnis penjualan tiket pada penumpang masih berkontribusi 80 persen terhadap pendapatan perusahaan.

    "Garuda jangan lagi mengutamakan penerimaan dari penumpang atau tiket. Perlu dicari balance antara penerimaan tiket maupun nontiket," kata Sahala di kantor Garuda Indonesia, Cengkareng, Tangerang, Rabu, 22 Januari 2020.

    Ia bahkan berharap agar kontribusi pendapatan dari nontiket bisa melebihi yang didapatkan dari penjualan tiket. Menurut Sahala, pendapatan nontiket bisa didapat dengan memperluas bisnis kargo untuk barang nonpenumpang.

    Harapannya dengan berkembangnya bisnis nontiket, maka membuat harga tiket bagi penumpang bisa lebih murah sebab pendapatan perseroan bisa dikompensasi oleh bisnis lainnya. "Nantinya harga tiket di Indonesia jadi lebih terjangkau karena akan didukung oleh penerimaan-penerimaan kargo dan nonkargo lainnya," tutur dia.

    Oleh karenanya ia meminta agar direksi mampu berkreasi dan berinovasi untuk memajukan bisnis Garuda ke depannya. Ia meyakini dengan struktiur direksi saat ini akan membawa Indonesia ke masa depan yang lebih gemilang.

    "Mudah-mudahan tim Garuda yang baru akan bekerja cepat sehingga turbulensi yang dialami oleh garuda dapat diselesaikan dengan baik dan cepat," jelas dia.

    Dalam kesempatan yang sama Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal yang juga merupakan satu-satunya direksi lama yang tersisa dan masih dipercaya untuk menjabat mengatakan dirinya akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu dengan jajaran direksi dan komisaris yang baru untuk menentukan arah Garuda Indonesia ke depannya.

    "Yang pertama dilakukan konsolidasi internal antara direksi dan komisaris," pungkas Fuad.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id