Temukan Uang Palsu, Serahkan ke BI

    Husen Miftahudin - 26 Februari 2020 17:56 WIB
    Temukan Uang Palsu, Serahkan ke BI
    Ilustrasi - - Foto: dok MI
    Jakarta: Bank Indonesia meminta masyarakat tetap waspada meskipun peredaran uang rupiah palsu mengalami penurunan. Cara paling ampuh mengenali ciri keaslian uang rupiah adalah dengan metode 3D, yakni Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

    Namun bila masyarakat menemukan uang rupiah palsu, segera klarifikasi ke Bank Indonesia (BI). Klarifikasi dugaan uang rupiah palsu dapat dilakukan dengan mendatangi loket layanan klarifikasi uang rupiah yang berada di Gedung C kantor pusat Bank Indonesia.

    "Di BI kita ada loket layanan (klarifikasi uang palsu) di Gedung C BI Thamrin. Di situ ada loket untuk klarifikasi keaslian uang rupiah," kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Yudi Harymukti di kantor pusat Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Februari 2020.

    Tak hanya di bank sentral, klarifikasi dugaan uang rupiah palsu juga bisa dilakukan di bank-bank umum. Sayangnya, layanan klarifikasi dugaan uang palsu di bank-bank umum jumlahnya terbatas.

    "Klarfiikasi juga dapat dilakukan ke perbankan. Perbankan seharusnya bisa melayani klarifikasi (dugaan uang rupiah palsu) ini," harapnya.

    Pascaklarifikasi, bila uang rupiah tersebut terbukti palsu, maka pihak perbankan dan Bank Indonesia akan menarik uang tersebut. Dalam hal ini, masyarakat yang menemukan tidak akan mendapat kompensasi atau penggantian.

    "Kalau diklarifikasi dan ternyata palsu, tentunya tidak akan diganti karena uang palsu kan tidak punya nilai. Kalau dikasih lagi (ke pemilik uang tersebut) nanti bisa beredar lagi, makanya harus kita tahan," tegas Yudi.

    Senada, Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Victor Togi Tambunan menyatakan temuan uang rupiah palsu oleh masyarakat akan ditarik dan tidak dapat diganti dengan uang rupiah asli.

    "Kalau uang palsu enggak ada kompensasi, kalau uang rusak mungkin BI bisa gantikan. Uang palsu kan enggak ada nilainya," ucap dia.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id