Kolaborasi dengan Kemenkeu, Investree Tawarkan Sukuk Ritel SR012

    Nia Deviyana - 25 Februari 2020 15:48 WIB
    Kolaborasi dengan Kemenkeu, Investree Tawarkan Sukuk Ritel SR012
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Marketplace lending platform Investree ditunjuk Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk menjadi Mitra Distribusi Penjualan Surat Berharga Negara (SBN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam memasarkan Sukuk Negara Ritel Seri SR012 melalui platform Investree.

    SR012 adalah obligasi negara berprinsip syariah yang dijual kepada investor individu Warga Negara Indonesia (WNI).






    Dengan masa penawaran 24 Februari-18 Maret 2020, seluruh hasil investasi SR012 akan digunakan untuk membiayai proyek negara yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

    "Sebagai fintech lending yang memegang status Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk dua jenis usaha, salah satunya syariah, kami sangat bersemangat menawarkan Sukuk Negara Ritel Seri SR012 untuk pertama kalinya karena Investree dan Kemenkeu mempunyai misi yang sama, meningkatkan partisipasi investor syariah domestik agar dapat memajukan perekonomian Islam di Indonesia," ujar Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi melalui keterangan resminya, Selasa, 25 Februari 2020.

    Hadirnya SR012 dan rangkaian produk SBSN lainnya, menurut Adrian, juga memperkaya kelas aset Investree sehingga investor semakin memiliki alternatif investasi yang beragam, terlebih yang berpreferensi syariah.

    "Satu hal penting, SR012 ini bisa diperdagangkan di Pasar Sekunder dan Investor SBSN berpeluang memperoleh keuntungan dari selisih harga (capital gain)," jelas Adrian.

    Dengan tingkat imbalan minimal tetap (fixed) sebesar 6,30 persen per tahun, Adrian menjabarkan SR012 memiliki berbagai keuntungan antara lain sesuai prinsip syariah, aman dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia, dan minimal pemesanan Rp1 juta sehingga siapa pun bisa berpartisipasi.

    "Bisa dibayar dengan mudah melalui Bukalapak dan Tokopedia, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dan hanya antar-investor domestik (individu maupun institusi) setelah tiga kali pembayaran imbalan, ada potensi keuntungan dari selisih harga (capital gain) ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli, dan dapat dijaminkan kepada pihak lain," tandasnya.

    Dalam memasarkan Sukuk Negara Ritel Seri SR012, Investree bekerja sama dengan Binaartha Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas yang berfungsi melakukan pembukaan rekening surat berharga, rekening dana nasabah, mencatat kepemilikan SR012, serta menyediakan fasilitas penjualan SR012 oleh investor.

    "Karena kepatuhan Investree terhadap peraturan yang berlaku sehingga kami turut menggandeng Binaartha Sekuritas sebagai rekanan," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id