Menciptakan Daya Saing Melalui SDM Unggul

    Ade Hapsari Lestarini - 03 Oktober 2019 18:53 WIB
    Menciptakan Daya Saing Melalui SDM Unggul
    Ilustrasi kegiatan SDM dibidang engineering. FOTO: AFP.
    Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo mengusung sumber daya manusia (SDM) unggul dengan meningkatkan kualitasnya.

    Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya Agustus 2019 lalu mengatakan antara 2020-2024 Indonesia berada di periode bonus demografi. Sehingga pemerintah bertujuan untuk fokus mengembangkan kualitas SDM dengan menggunakan cara-cara baru.

    Sejalan dengan visi tersebut, sosialisasi dan edukasi sejak dini pun dilakukan. Salah satunya dengan mengenalkan dunia teknik keinsiyuran kepada para pelajar.

    Presiden Direktur PT Tripatra Engineers and Constructors (Tripatra) Dhira Nandana mengatakan pihaknya berinisiatif untuk mulai memperkenalkan dunia keinsiyuran kepada para siswa sejak tingkat sekolah menengah pertama, sehingga menumbuhkan minat dan punya keinginan lebih luas untuk berkarya ataupun memiliki keinginan berkembang lebih jauh di bidang teknik.

    "Percepatan pembangunan nasional membutuhkan ahli-ahli di bidang keteknikan yang andal dan berkualitas. Sudah selayaknya pembangunan Indonesia dapat dilakukan oleh ahli-ahli keteknikan anak bangsa. Indonesia masih sangat membutuhkan keterlibatan banyak insinyur-insinyur yang berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata dia dalam keterangan resminya, Kamis, 3 Oktober 2019.

    Oleh karena itu Tripatra terus berkomitmen mendukung pemerintah dalam pengembangan sains dan ilmu keteknikan sebagai kunci dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa, serta mempersiapkan generasi unggul yang siap membangun negara.

    Perusahaan yang bergerak di bidang rekayasa teknik, pengadaan, dan konstruksi (EPC) ini pun menggelar Engineering Camp Tripatra untuk para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

    Dalam kegiatan tersebut, turut terlibat 50 siswa dari 10 SMP Negeri dan swasta di sekitar wilayah Tangerang Selatan seperti SMP Negeri 5 Tangerang Selatan, SMP Negeri 10 Kota Tangerang Selatan, SMP Negeri 12 Tangerang Selatan, SMP Negeri 13 Kota Tangerang Selatan, SMP Negeri 14 Tangerang Selatan, SMP PGRI 371 Pondok Aren, SMP Dahlia, SMP Parigi, SMP Wijaya Kusuma dan SMP Yadika 6.

    "Selama program berlangsung, para siswa diperkenalkan teori dan praktik terkait engineering dengan metode STEM serta diajak untuk ikut terlibat dalam berbagai eksperimen, yaitu pembuatan dan Coding Robotic untuk mendukung kegiatan engineering, pembuatan dan Pemanfaatan Solar Panel sebagai salah satu Energi Terbarukan (Renewable Energy) serta para siswa juga mempresentasikan tugas tentang Energi Terbarukan yang mereka bangun di hadapan para panelis," jelasnya.

    Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat di bidang teknik serta menambah pengetahuan melalui metode STEM bagi para siswa, sehingga termotivasi untuk melanjutkan minat mereka di bidang keinsinyuran.

    Selain itu, diharapkan para siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat menularkan informasi edukasi yang sudah diperoleh kepada siswa lain di sekolah mereka masing-masing.

    "Hal ini sesuai dengan tujuan pengembangan bisnis perusahaan, agar secara jangka panjang Tripatra dapat memberikan nilai tambah yang optimal dan berkelanjutan untuk seluruh pemangku kepentingan, juga berkontribusi lebih besar kepada pembangunan Indonesia serta meningkatkan SDM unggul di bidang teknik keinsinyuran," tutup Dhira.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id