comscore

Impor Sapi Bakalan, Jalan Pemerintah agar Harga Daging Murah

Annisa ayu artanti - 21 Oktober 2016 18:42 WIB
Impor Sapi Bakalan, Jalan Pemerintah agar Harga Daging Murah
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
medcom.id, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) berencana melakukan impor sapi bakalan untuk menekan harga daging dipasaran.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan dirinya sudah bertemu dengan lima duta besar yang akan menjadi pengimpor sapi bakalan tersebut. Satu dari lima negara tersebut yakni Meksiko yang siap mendatangkan sebanyak 400 ekor sapi bakalan ke Indonesia.
Baca: Ini Penyebab Pemerintah Buka Keran Impor Daging Sapi

"Kemarin kita ketemu lima dubes. Meksiko, Prancis, dan ada beberapa. Yang jelas Meksiko untuk sapi bakalaannya ada 400 ribu ekor," kata Amran, saat pemaparan kinerja dua tahun pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Amran menjelaskan, impor ini dilakukan untuk menekan harga daging yang selama ini belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Untuk sapi bakalan yang dikirim dari Meksiko, pemerintah meminta harga daging di bawah Rp80.000 per kilogram (kg). Sedangkan dari India, pemerintah meminta harganya Rp60.000 per kg.

"Harga bersaing kami minta di bawah Rp80.000 per kg sesuai arahan pak presiden. Kemudian dari India harganya Rp60.000 per kg," jelas dia.




Menurutnya, dengan impor ini target pemerintah dalam menyediakan 700.000 sapi bakalan di 2017 akan tercapai. Ia pun tidak menutup kemungkinan jumlah impor sapi ini akan lebih banyak ditahun depan.

"Kalau mau impor 500.000 ekor juga tidak apa-apa. 700.000 saja kita kasih untuk 2017. Tinggal hitung 20 persen indukannya," pungkas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id